24 C
id

Cara Mengganti Busi Mio Soul GT

Motor Mio Soul GT


Ilmu Internet - Mio Soul GT merupakan kendaraan matic keluaran Yamaha yang dilengkapi dengan tenaga 125cc. Seri pertama Mio Soul GT tahun 2012 mengusung teknologi YMJET-FI (Jet-Full Injection) yang membuat bahan bakar lebih irit hingga 50%.

Semua jenis kendaraan motor menggunakan busi, fungsinya mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Pentingnya merawat kondisi busi agar kinerja motor anda tetap baik-baik saja. Tak perlu ke bengkel, anda bisa mempelajarinya secara otodidak dan cara mengganti busi mudah dikuasai. Simak ulasannya dibawah ini!


Cara Melepas Busi Mio Soul GT:

Mengganti busi Mio Soul GT sangat mudah, serta tidak membutuhkan banyak alat. Hanya memakai obeng dan kunci busi bawaan dari dealer. Langkah pertama yang dilakukan dalam urutan melepas busi Mio Soul GT adalah membuka body penutup mesin bagian depan.

Melepas baut body Mio Soul GT

Body penutup mesin ini di kunci dengan tiga buah baut, satu berada di bawah pada area pijakan kaki, satu di samping kanan dan satu lagi disamping kiri yang bisa dibuka dengan mengangkat jok terlebih dahulu.

Bodykit Mio Soul GT


Setelah body penutup mesin di lepas selanjutnya kita bisa melihat tutup busi yang biasa juga dikenal dengan sebutan cop busi.

Cop busi ini berfungsi sebagai pelindung busi dari cipratan air, debu dan kotoran selain tugas utamanya sebagai penyalur aliran listrik ribuan volt yang dihasilkan oleh koil ke busi.

Melepas tutup cop busi Mio Soul GT


Melepas tutup cop busi Mio Soul GT sangatlah mudah, anda anda bisa mencukitnya menggunakan obeng panjang. Masukan ujung obeng di sela-sela cop busi dan mesin, selanjutnya manfaatkan kepala silinder sebagai tumpuan dan lalu cukit perlahan hingga cop busi terlepas.

Jangan memaksakan menariknya sekuat tenaga maka akan percuma saja. Selain area kerjanya yang sempit, posisi untuk menariknya pun tidak ideal diperparah dengan kondisi cop busi yang tidak pernah dilepas.

 

Melepas busi Mio Soul GT

Setelah cop busi terlepas, selanjutnya tinggal membuka busi menggunakan kunci busi.e Tujuan mengganti busi dilakukan jika anda menemukan gejala mesin yang mulai tidak normal seperti mbrebet, batuk-batuk dan sulit di hidupkan.

Setelah busi terlepas, perhatikan kondisinya apakah perlu diganti atau hanya di bersihkan saja. Ganti, jika busi sudah mengalami keausan parah. Tapi jika kondisinya kira-kira masih bisa dimaklumi, cukup dibersihkan saja menggunkan amplas.


Cara Memasang Busi Mio Soul GT?

Untuk pemasangan busi kembali kemesin rasanya tidak terlalu sulit. Untuk memudahkan pemasangan karena posisi busi cukup dalam, anda bisa memasukannya dengan bantuan kunci busi.

Putar perlahan busi searah jarum jam, pastikan posisinya tidak miring. Kalau terasa keras saat di putar sebaiknya kendorkan lagi. Normalnya, saat dipasang, busi masih bisa di putar dengan tangan hingga 3-5 putaran sampai terasa keras dan harus di kencangkan dengan bantuan kunci busi.

Setelah yakin posisi busi tidak miring dan ulirnya benar-benar pas, kencangkan dengan bantuan kunci busi. Kencangkan secukupnya saja, jangan terlalu kuat dan jangan menggunakan obeng panjang untuk mengencangkan, karena di khawatirkan momen puntirnya terlalu besar dan malah mengakibatkan rumah busi jadi dol / slek.


Akhir kata

Demikian langkah-langkah mengganti busi Mio Soul GT 2021, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Sebagai penulis berharap artikel tersebut bisa membantu teman-teman yang ingin memperbaiki kendaraan motor secara mandiri.

Jika anda mempunyai pertanyaan terkait postingan busi Mio Soul GT, anda bisa menulis komentar dibawah. Tidak ada pengetahuan yang sia-sia jika anda benar-benar mempelajarinya dan mengamalkannya.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4