Cara Memainkan Gitar Yang Benar dan Enak Didengar!

Memainkan Chord Gitar Secara Sempurna

Cara memainkan kunci gitar dasar adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi pemula yang ingin cara bermain gitar, pemula harus bisa berpindah - pindah kunci dengan cepat dan lancar. Perpindahan chord merupakan tantangan untuk seorang pemula, dan sesuatu yang mungkin untuk sebagian orang tidak dapat menguasai sepenuhnya. Tetapi dengan tekun berlatih, maka peluang anda untuk menguasai kunci gitar dasar akan semakin meningkat.

Tentu saja anda perlu belajar beberapa tips dan teknik yang dapat membantu anda belajar cara bermain kunci dasar gitar, dan menguasai perpindahan kunci gitar dengan mudah bagi pemula. Untuk membuat proses ini lebih mudah, saya telah membuat langkah demi langkah tips yang dapat anda lakukan. Sebelumnya mungkin ada yang ingin membeli sebuah gitar, pada artikel sebelumnya saya sudah bagikan tentang Harga Gitar Yamaha C315 dan Review Lengkapnya yang dapat anda jadikan referensi.

Untuk belajar cara bermain kunci dasar gitar, anda bisa mempelajari bagaimana untuk berpindah dari satu chord ke chord berikutnya, tanpa ragu-ragu, tanpa perubahan tempo, dan mengoptimalkan semua jari-jari anda. Jika anda telah berusaha untuk melakukannya, namun akhirnya tetap saja gagal dan anda merasa susah untuk melakukannya, anda tidak sendirian. Kebanyakan pemain gitar pemula mengalami hal yang sama dengan anda, oleh karena itu perhatikan beberapa tips dibawah ini untuk belajar cara bermain kunci dasar gitar.


1. Mulai dari hal-hal dasar

Salah satu kesalahan terbesar yang kadang dilakukan ketika belajar cara bermain kunci dasar gitar oleh pemula adalah mereka langsung mencari pola chord gitar yang kompleks dan tentu saja lebih susah untuk dimainkan pemula. Untuk memudahkan anda dalam berlatih sehingga secara signifikan anda dapat menguasainya, maka anda harus mulai belajar dengan yang paling dasar. anda bisa mulai belajar cara bermain kunci dasar gitar dengan pola chord dasar : D-G-D-A.


2. Menekan Chord Secara Individual

Mulailah dengan berlatih misalnya hanya dengan kunci dasar D. Untuk belajar, anda bisa menekan satu persatu senar untuk pola chord D. anda bisa menggunakan satu demi satu jari anda yang harus ditempatkan pada chord D tersebut, jika belum menguasai chord D ataupun chord lainnya anda bisa pelajari di Gambar Kunci Gitar Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula. Setelah itu anda bisa menempatkan jari anda tersebut secara bersamaan. Teruslah berlatih penempatan menggunakan chord lainnya yang tepat sampai anda dapat melakukannya dengan benar untuk bisa menguasai cara bermain kunci dasar gitar dengan mudah.


3. Kuasai Cara Berpindah Chord atau Kunci Gitar

Anda telah membuat beberapa memori otot untuk kunci dasar gitar menggunakan cara kedua di atas yang sangat berpengaruh dalam cara bermain kunci dasar gitar, sekarang saatnya untuk mencoba bergerak dari chord satu ke chord lainnya.

Untuk belajar cara bermain kunci dasar gitar, saya contohkan perpindahan chord D dan G. Mulailah dengan membentuk kunci dasar G dengan tiga jari, kemudian anda dapat memikirkan atau memvisualisasikan bentuk chord D pada fretboard. Ketika anda siap mengangkat jari anda dari fretboard, maka saatnya anda menempatkan jari tersebut pada kunci D. Ini hanya untuk berlatih sehingga tidak membutuhkan tempo, hanya diperlukan ketepatan penempatan saja. Terus bergerak bolak-balik antara kunci G dan kunci D sampai anda dapat melakukannya tanpa banyak pikiran atau reposisi.

Setelah anda telah menguasai perpindahan chord D dan chord G, anda bisa menambahkan misalnya chord A ke dalamnya menggunakan teknik yang sama seperti diatas. Cara ini memang cukup efektif untuk belajar cara bermain kunci dasar gitar lebih mudah.


4. Belajar Tempo Gitar

Setelah anda berhasil mencapai penempatan yang tepat seperti pada tips di atas namun belum memperhatikan tempo, sekarang saatnya untuk menambahkan tempo kedalamnya. Tempo awal untuk belajar cara bermain kunci dasar gitar anda dapat mulai dengan tempo lambat. anda bisa gunakan progresi berikut : || D – G – D – A || (setiap kunci 4x)

anda dapat menggenjreng lurus ke bawah. Dengan chord D sebanyak empat kali kemudian pindah ke chord selanjutnya, anda harus menggenjreng atau strumming 4x setiap chord. Walaupun ini memang sangat sederhana namun inilah tips untuk mempermudah cara bermain kunci dasar gitar.


Selain tips yang diatas ada juga teknik strumming yang tutorialnya sudah saya kupas tuntas dalam : Belajar Teknik Dasar Strumming Bermain Gitar. Dengan konsisten berlatih, maka kunci gitar dasar tidak akan sulit untuk dimainkan karena memang mudah. Demikianlah, Cara Memainkan Kunci Gitar Dasar Secara Sempurna dan Mudah. Selamat Berlatih!

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.