24 C
id

Cara Jumper Aki Mobil Cepat Dan Aman

Tutorial: Jumper Aki Mobil


Ilmu Internet - Masa pandemi, serta adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Total seperti sekarang ini membuat kendaraan seperti mobil lebih banyak berdiam di garasi. 

Suatu kondisi yang berpotensi membuat aki mobil bisa tekor atau soak akibat tidak pernah distarter dalam waktu cukup lama. Bila mengalami hal ini, solusi yang paling cepat adalah dengan melakukan jumper aki. 

Jumper Aki Atau teknik mengalirkan listrik dari sumber daya baterai lainnya ke lokasi sumber daya yang bermasalah. Berikut adalah teknik jumper mobil dengan cepat dan aman.


1. Peralatan Jumper Aki Mobil

Kabel untuk jumper aki mobil

  • Gunakan kabel khusus untuk jumper aki. Pasalnya arus listrik pada saat menyalakan mobil sangat tinggi, sehingga perlu kabel dengan bahan cukup tebal.
  • Jangan pernah memakai kabel seadanya, karena potensi untuk terjadi korsleting cukup besar saat proses melakukan jumper aki.
  • Gunakan mobil sejenis atau dengan kapasitas mesin sama dengan mobil yang digunakan. Biasanya mobil sejenis memiliki voltase aki yang sama.


2. Langkah-langkah Jumper Aki Mobil

Ilustrasi: Posisi kabel saat jumper aki mobil

Sebagai persiapan, anda bisa melepas aki mobil yang mati, lalu perhatikan dengan teliti posisi kutub terminal positif dan negatif dari kedua aki.

Biasanya, dua kutub terminal aki masing-masing ditandai dengan lambang positif (+) dan negatif (-), tanda lain juga terdapat pada penutup warna merah di kutub positif.

Setelah itu nyalakan mesin mobil A dan atur putaran mesin hingga di atas 1.000 rpm. Tunggu mesin menyala selama beberapa 5-30 menit untuk mengisi tenaga pada aki yang soak.

Jika sudah, lepas kabel yang digunakan untuk jumper aki mobilnya. Pasangkan kembali aki mobil yang sudah dijumper dan coba nyalakan.


Video Proses Jumper Aki Mobil Yang Soak


Akhir kata

Jika mesin mobil masih tidak bisa menyala, coba diamkan terlebih dahulu selama beberapa saat agar proses pengisian tenaga menjadi lebih banyak.

Harus diingat, langkah untuk menjumper aki ini adalah saat darurat. Pemilik tetap harus membawa mobil ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Demikian tips melakukan jumper aki mobil yang soak dengan cepat dan aman. Semoga bermanfaat dan mengatasi aki mobil anda yang bermasalah.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4