24 C
id

Cara Budidaya Tanaman Hias Hanjuang

Budidaya tanaman hias hanjuang hijau


Hanjuang (Cordyline) atau bahasa Jawa-nya dikenal sebagai Andong merupakan tumbuhan monokotil berbatang yang sering dijumpai di taman sebagai tanaman hias. Marga Cordyline memiliki sekitar 15 jenis. Nama Hanjuang juga dipakai untuk sekelompok tumbuhan dari marga Dracaena.

Daun Hanjuang khas, berbentuk lanset, berukuran agak besar dan berwarna hijau kemerah-merahan (Cordyline) atau berwarna hijau muda (Dracaena). Hanjuang sering dipakai sebagai tanaman pelindung dan pembatas blok pada sawah, ladang, serta perkebunan teh atau kina di Indonesia.

Hanjuang, terutama C. fruticosa, populer sebagai tanaman hias. Daun hanjuang dipakai sebagai pembungkus makanan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Hanjuang memiliki kemampuan antibakterial. Tahukah anda daun hanjuang bermanfaat bagi pengobatan herbal alami?


Manfaat dari tanaman Hanjuang?

Selain untuk menghiasi lingkungan rumah anda hanjuang mempunyai beberapa kelebihan tanaman hanjuang sebagai penyembuh penyakit alami diantaranya sebagai berikut:

  • TBC Paru dengan batuk darah: Daun kering 15–30 gr, atau bunga kering 9–15 gr atau akar kering 6 – 10 gr direbus dan diminum.
  • Air kemih berdarah dan wasir berdarah : Daun kering 15–30 gr, atau bunga kering 9–15 gr, atau akar kering 6 – 10 gr direbus, diminum.
  • Nyeri lambung dan Ulu hati: Daun 15–30 gr, atau bunga 9–15 gr atau akar 6–10 gr, direbus, diminum.
  • Air kemih berdarah, tidak menstrusi: Daun segar 60 – 100 gr atau akar 30 – 60 gr, rebus, minum.
Tanaman Hanjuang Sebagai Hiasan Taman


Berikut Langkah-langkah Budidaya Tanaman Hias Hanjuang:

Ada dua cara untuk membudidayakan tanaman hias hanjuang diantaranya Penyetekan dan Direndam di dalam air.


1. Ditanam secara stek 

Yang pertama kita akan membahas cara menanam dengan metode stek batang pada tanaman hanjuang, sebelum nya ada beberapa hal yang harus disiapkan seperti,

  1. Siapkan batang untuk di stek Batang stek bisa diambil dari batang tanaman secara langsung dengan cara memotong batang tanaman sepanjang 30-40 cm.
  2. Siapkan tanah untuk di tanami. Tanah yang ditanami bisa berupa didalam pot atau dipekarangan rumah, hal tersebut sama saja, yang terpenting tanah dalam keadaan subur dan tidak kering.
  3. Penanaman stek batang hanjuang Penanaman stek batang hanjuang dilakukan dengan cara cukup ditanjapkan kedalam tanah, dengan terlebih dahulu memperhatikan posisi stek batang tersebut jangan sampai terbalik, batang stek tanaman bisa terlebih dahulu direndang kedalam ZPT bisa juga tidak perlu.
  4. Hal yang diperhatikan, penyiraman stek batang secara rutin, minimal dilakukan dua kali sehari karena untuk merangsang perakarang keluar, sebaiknya stek batang ini dilakukan pada musim hujan.

2. Direndam ke dalam Air

Sekarang kita akan bahas cara menanam dengan metode direndam di bawah air dan disimpan didalam toples. adapun hal yang harus disiapkan adalah.

  1. Siapkan stek batang kira-kira sepanjang 30-40 cm, sisakan bebepa helai daunnya
  2. Siapkan toples atau wadah, direkomendasikan toples atau wadah yang bening
  3. Isi dengan air toples tersebut seperlunya
  4. Simpan stek batang tanaman hanjauang kedalam toples tersebut, posisi stek batang jangan sapai terbalik
  5. Sekitar 1 minggu akar pada stek batang tersebut akan keluar, maka stek batang berhasil dan tanaman bisa disimpan sebagai tanaman hias diatas meja atau disudut-sudut ruangan untuk hiasan.


Demikian langkah-langkah budidaya tanaman hias hanjuang yang dapat anda pelajari. Semoga bermanfaat dan membantu anda yang ingin menanam tanaman tersebut, ketahui juga jenis-jenis tanaman hias hanjuang lainnya.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4