Cara Agar Lebih Mudah Menghafal Chord atau Kunci Gitar!

Kunci Gitar

Belajar gitar untuk pemula, menguasai dan menghafal kunci gitar atau chord adalah hal yang membuat mereka dapat memainkan banyak lagu populer dan bahkan mampu menciptakan lagu sendiri. Dalam artikel ini kita akan belajar menghafal cord dengan metode sederhana untuk Anda gunakan menghafal banyak kunci gitar dalam waktu sesingkat mungkin khusus pemula yang sedang belajar cara bermain gitar. Anda juga bisa membaca artikel sebelumnya yaitu Harga Tuner Gitar Paling Murah dan Akurat.

Metode cara bermain gitar ini akan saya bagi menjadi tiga bagian untuk membantu Anda mempelajari chord dalam tiga cara yang berbeda. Dengan memisahkan proses menjadi tiga bagian, maka kita benar-benar bisa fokus pada setiap bagian tersebut dan akan lebih mudah daripada untuk belajar semuanya sekaligus (membutuhkan waktu lebih lama dan lebih banyak usaha). Untuk bisa dengan mudah menguasai cara bermain gitar menghafal chord gitar ini, luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk berlatih cara bermain gitar ini.


1. Pelajari Nama-Nama Chord

Tujuan dari langkah pertama cara bermain gitar ini adalah untuk membantu Anda menghafal nama-nama chord dan bentuknya. Sehingga jika sebuah lagu menggunakan chord misalnya Am, maka otak Anda akan dapat langsung mengingat nama-nama dan mencocokkannya dengan bentuk chord tersebut. Menghafal chord gitar biasanya diurutkan berdasarkan nada Doremi atau F, G, A, B, C, D, E.

Untuk langkah cara bermain gitar pertama ini dapat Anda lakukan dengan melihat sebuah chord (nama dan bentuknya) selama beberapa detik dan kemudian simpan dalam memori otak Anda. Setelah itu, Anda perlu fokus pada bagaimana bentuk chord tersebut. Lakukan cara tersebut pada chord lainnya selama 3-4 menit. Dengan cara bermain gitar ini, secara alami akan mempercepat otak Anda menghafal semua chord. Cara ini mungkin tidak perlu menggunakan sebuah gitar sehingga bisa Anda lakukan dimanapun Anda berada ketika Anda membawa sebuah diagram atau gambar chord.


2. Kenali Posisi Pada Chord

Tujuan dari langkah cara bermain gitar kedua ini adalah untuk membantu jari-jari Anda menghafal posisi chord pada fretboard. Jangan buru-buru ketika mencoba untuk berlatih semua chord. Pastikan semuanya dilakukan dengan sempurna sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

Untuk cara bermain gitar yang kedua ini membutuhkan sebuah gitar nyata sehingga bisa Anda siapkan lebih dulu. Setelah Anda menyelesaikan langkah pertama maka Anda akan melakukan langkah ini, Anda perlu menempatkan jari jari Anda pada posisi chord yang tadi sudah Anda hafalkan pada langkah 1. Jika Anda masih susah dan banyak yang tidak ingat bentuk dan posisinya, jangan khawatir karena Anda bisa melanjutkan ke chord berikutnya. Jika Anda melatihnya setiap hari, secara otomatis Anda akan menghafalnya.

Memang jika Anda baru belajar cara bermain gitar, akan susah untuk melakukannya. Namun tidak masalah, karena ini adalah proses untuk membuat kemajuan tentang bermain gitar pada diri Anda. Langkah ini membutuhkan banyak waktu sehingga Anda harus bersabar dan tidak tergesa-gesa. Jika Anda terus giat berlatih rutin setiap hari, maka Anda akan dapat mencapainya dengan mudah.


3. Mengubah Posisi Chord

Tujuan langkah cara bermain gitar yang terakhir ini adalah membantu Anda belajar untuk mengubah antar chord gitar. Harap dicatat bahwa langkah ini juga sedikit lebih sulit dibandingkan dengan dua langkah sebelumnya bagi orang-orang yang baru belajar bermain gitar.

Setelah menyelesaikan langkah cara bermain gitar 2, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah 3 ini. Anda bisa mulai dengan urutan chord yang sudah Anda pelajari sebelumnya. Mungkin memulainya dari chord A, maka Anda bisa menempatkan jari Anda pada posisi chord A. Setelah itu, Anda bisa mulai memetik ataupun melakukan strumming (jika belum menguasainya silahkan baca Belajar Teknik Dasar Strumming Bermain Gitar) , kemudian ubah ke bentuk chord selanjutnya misalnya Am, dan seterusnya.

Sekali lagi, Jika Anda baru mulai belajar cara bermain gitar, mungkin langkah ini bisa Anda lewati terlebih dahulu dalam beberapa minggu pertama sampai Anda sudah bisa menekan senar dengan baik. Anda bisa berlatih langkah 1 dan langkah 2 terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat melanjutkan Langkah 3 setelah Anda siap.

Mungkin Anda merasa bahwa 10 menit tidak cukup waktu untuk berlatih metode cara bermain gitar ini dan Anda mungkin ingin menambah porsi waktunya. Namun, cobalah untuk tidak keinginan melakukan sesi latihan yang panjang dalam satu waktu. Dengan kata lain tidak berlatih metode cara bermain gitar ini selama lebih dari 15 menit dalam satu kali latihan. Ini bertujuan membuat Anda terdesak untuk mempelajari semua chord dalam 10 menit. Alternatifnya, jika Anda merasa kurang maka Anda bisa beristirahat terlebih dahulu misalnya 1 jam dan mengulangi latihan ini lagi selama 10 menit.

Hal itu sangat penting untuk membagi waktu latihan cara bermain gitar menjadi sesi yang sangat singkat, dari pada Anda menghabiskan banyak waktu sekaligus tetapi hanya dilakukan sekali atau sekali kali saja. Dengan melakukan latihan singkat tapi sering, ini akan memberikan kesempatan pada otak Anda untuk menyimpan apa yang baru saja dipelajari, menghafal chord, nama, bentuk dan posisi jari. Oleh karena itu, ubah pikiran Anda untuk berlatih gitar dalam waktu yang lama namun sekali saja. Lebih baik sebentar tapi sering. Demikianlah, Belajar Gitar: Cara Menghafal Semua Chord Gitar. Selamat Berlatih!

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.