24 C
id

Apa Itu Chord Dasar atau Kunci Dasar Gitar!

Bermain gitar adalah kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika anda telah menguasai kunci dasar gitar dan teknik genjrengannya. Pernahkah anda membayangkan bisa menyanyikan berbagai genre lagu yang sedang terbaru atau sedang populer sendiri? Hal tersebut mungkin terjadi apabila anda giat berlatih dan rajin belajar memainkan gitar dirumah. Jika saat ini anda tertarik menggunakan gitar, anda mengetahui apa yang dimaksud dengan chord dasar atau kunci dasar gitar! Sehingga anda mengenal gitar secara keseluruhan dan bukan sekedar memainkannya. Berikut ulasan lengkapnya terkait pengertian chord dasar pada gitar!


Apa Itu Chord?

Chord merupakan kumpulan tiga nada atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan terdengar harmonis. Chord bisa dimainkan secara terputus-putus ataupun secara bersamaan. Chord ini digunakan untuk mengiringi suatu lagu. Entah dari mana istilah kunci dasar ini berasal, saya tidak tahu sama sekali dari mana asal usul kalimat ini berasal. Siapa yang pertama kali bahwa dalam music itu ada chord dasar, atau dalam bermain guitar itu ada yang namanya chord dasar. Kalau saya perjelas bahwa chord dasar itu "TIDAK ADA". Semua chord itu penting tanpa terkecuali.

Istilah kunci dasar ini berasal dari orang yang malas belajar gitar dan ingin langsung bisa bermain guitar dengan instan. Pertanyaannya adalah "apa itu buruk?" jawabannya "tidak" mengapa tidak? Karena kenapa tidak boleh?. Boleh-boleh saja namun, Jika kita menghapalkan chord dasar ini. Maka kita akan terfokus pada chord tersebut, dan jika sudah begitu semua lagu akan memiliki chord yang sama. Jika hal tersebut terjadi maka sudah jelas sekali plagiat lagu itu sudah merajalela. Berikut saya akan Berikan contohnya.

Misalnya lagu noah kisah cinta – chord lagu tersebut adalah C G Am Em F C Dm , kemudian lagu yang kedua yaitu lagu Samson – kenangan terindah chord nya pun sama C G Am Em F C Dm G. jika pada reff lagu ini kita sambungkan maka akan nyambung dan terasa enak didengar. "Apakah itu salah"? jawabannya adalah “Salah!”. Mengapa salah? Karena chord yang sama itu biasanya sering dijadikan humor atau “bahan candaan oleh pihak-pihak tertentu”, mungkin bagi mereka itu lucu dan merasa terhibur, dan bahkan orang yang bisa menyambung-nyambungkan lagu dengan spontan itu sering dianggap jenius atau cerdas. Padahal, harusnya yang lebih jenius itu orang yang membuat lagu itu. Mungkin saja composer yang menciptakan lagu tersebut memerlukan waktu bertahun-tahun atau berpuluh-puluh tahun hanya untuk membuat satu bait lagu tersebut. Itulah sebabnya, atau mengapa asal usul chord tersebut berasal.

Pentingkah untuk mempelajari chord dasar tersebut? Menurut saya penting tapi menurut saya juga tidak. Alasan penting karena Kita bisa mengetahui nantinya bagaimana chord itu berasal, saya yakin dipostingan dulu tentang asal usul chord gitar teman-teman masih belum terlalu faham dengan materi itu. Untuk itulah agar lebih mudah difahami saya memposting apa itu chord dasar yang fungsinya untuk membantu rekan-rekan menguasai apa itu asal usul chord guitar. Alasan yang kedua yaitu tidak penting, tidak penting bagi orang yang sudah tau asal usul chord guitar, atau yang dulunya sudah tau atau sudah sering belajar guitar dari buku lagu yang sudah ada chordnya.

Untuk menguasai chord dasar ini kita akan menggunakan istilah “pasangan lazim” dan “pasangan tak lazim”. Apa itu pasangan lazim? Pasangan lazim bisa kita definisikan sebagai pasang chord yang sering digunakan/umum digunakan. Sedangkan pasangan tak lazim bisa kita definisikan sebagai pasangan chord yang tidak sering digunakan/tidak umum  atau unik istilahnya.

Pasangan lazim ini ada untuk semua chord. Berikut akan saya contohkan beberapa yang paling umum diindonesia.


Pasangan lazim untuk chord

  • C G Am Em F C Dm G
  • C-G atau C-Am atau C-Em atau C-F atau C-Dm
  • Am-Dm atau Am-C atau Am-G atau Am-F
  • Pasangan tak lazim untuk Chord C
  • C-Bb atau C-G# atau C-D#

Kalau kita peras chord lazim pada chord C tersebut bisa kita simpulkan bahwa chord atau kunci dasar nya adalah C Dm Em F G Am. Bagaimana dengan pasangan tak lazimnya? Itu dalah chord pengecualian.

Lalu bagaimana dengan chord dasar D? kita tinggal mengurutkannya saja seperti tangga nada.

  • C Dm Em F G Am {yang wajib dihafal betul-betul}
  • D Em F#m G A Bm {sering}
  • E F#m G#m A B C#m {beberapa}
  • F Gm Am Bb C Dm {jarang}
  • G Am Bb C D Em {yang wajib dihafal betul-betul}
  • A Bm C#m D E F#m {sering}
  • B C#m D#m E F# G#m {jarang}


Demikian pengertian dari chord dasar atau kunci dasar gitar yang bisa anda ketahui! Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Berikan dukunganmu untuk Anti Warisan dengan membangikan postingan ini ke media sosial jika anda menyukainya.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4