24 C
id

Contoh Sertifikat Vaksin Covid-19 Fisik & Elektronik



Ilmu Internet: Selama penerapan PPKM Darurat Jawa-Bali, sejumlah aturan mengalami pengetatan. Mulai dari aturan kerja, jam operasional, termasuk pula persyaratan perjalanan.

Khusus untuk perjalanan jarak jauh, Pemerintah memperketat persyaratannya. Dalam PPKM Darurat, GeNose C19 tidak masuk dalam daftar syarat perjalanan jarak jauh.

"Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyatakan pelaku perjalanan jarak jauh diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama. Kartu vaksin yang dimaksud dapat pula sertifikat vaksinasi Covid-19."

Kartu vaksin dimaksudkan agar pelaku perjalanan dapat menghindari kemungkinan menularkan Covid-19 kepada orang lain. Juga untuk meningkatkan jumlah penerima vaksin kedepannya. 

Bagi Anda yang penasaran dengan bentuk kartu vaksinasi covid-19. Berikut contoh sertifikat vaksin covid-19 terbaru kartu fisik maupun berupa elektroniknya.


1. Contoh Kartu Sertifikat Vaksin Covid-19 Fisik

Kartu fisik artinya berbentuk sebuah kartu seperti KTP berukuran kecil dan biasanya mudah dibawa kemana-mana. Yang didalamnya terdapat informasi data diri pengguna untuk mengetahui informasi vaksinasi diri penggunanya.

Sertifikat vaksin covid-19 fisik sebenarnya tidak diwajibkan karena belum lama ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) memblokir penjual jasa cetak kartu sertifikat vaksin COVID-19 di marketplace. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kebocoran data.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Veri Anggrijono mengatakan sudah sebanyak 2.453 produk dan jasa pencetakan kartu vaksin di marketplace yang telah diblokir oleh pemerintah. "Sejauh ini sudah dilakukan pemblokiran sebanyak 137 kata kunci (keywords) dan 2.453 produk dan jasa pencetakan kartu vaksin," ujarnya.


2. Contoh Sertifikat Vaksin Covid-19 Elektronik


Sertifikat vaksinasi covid-19 yang sebenarnya berbentuk elektronik atau elektrik dan terdapat barcode nya. Biasanya menggunakan format Pdf dan tak terkecuali dengan format baru, yang dilengkapi dengan jenis dan nomor batch vaksin.

Informasi Data Dalam Kartu Vaksin Covid-19

Berikut isi data dalam kartu vaksin covid-19 yang perlu Anda ketahui:

  • Nama lengkap yang dicantumkan pada sertifikat
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Tanggal lahir
  • Kode batang (barcode)
  • ID
  • Tanggal vaksin diberikan
  • Informasi vaksinasi dosis ke berapa
  • Merek vaksin yang diperlukan
  • Nomor batch vaksin
  • Pernyataan kesesuaian dengan peraturan Menteri Kesehatan Indonesia


Demikian contoh sertifikat vaksin covid-19 yang bisa kita ketahui. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Pelajari juga cara cek status vaksinasi covid-19 termudah!

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4