24 C
id

Apa Itu PPKM?


Pengertian PPKM?

PPKM atau "Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat" adalah kebijakan Pemerintah Indonesia sejak awal tahun 2021 untuk menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Sebelum pelaksanaan PPKM, pemerintah telah melaksanakan pembatasan sosial berskala besar yang berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia.

Pemerintah Indonesia pertama kali menerapkan PPKM pada tanggal 11 hingga 25 Januari 2021. PPKM selama dua pekan ini dilaksanakan berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 1 Tahun 2021 dan diberlakukan di wilayah Jawa dan Bali. Sebelumnya, pada tahun 2020, sejumlah daerah telah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

Pengetatan PPKM "pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat" tersebut juga berlaku untuk fasilitas umum, tempat wisata, rapat, seminar dan kegiatan seni dan budaya selain di daerah zona merah diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas 25 persen dari kapasitas normal dengan penerapan protokol kesehatan.


Tujuan PPKM?

Tujuan dari PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat adalah sebagai penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. Tanggal penerapan mulai dari 11 Januari 2021 - sekarang. Informasi selengkapnya tentang PPKM bisa Anda pelajari disini.


Demikian penjelasan tentang arti PPKM yang dapat anda ketahui! Semoga bermanfaat dan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan covid-19. Salam, "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh".

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4