24 C
id

Apa Itu Indodax? Fungsinya dan Cara Menggunakannya?


Apa yang dimaksud dengan indodax? Mungkin teman-teman belum mengetahuinya karena terbilang orang awam atau jarang menggunakan asset digital seperti Bitcoin, Kripto yang sedang populer ini. Sebagai sarana edukasi ilmu internet akan memberikan rangkuman penjelasan terkait indodax yang bisa Anda pelajari berikut ini.

Apa Itu Indodax?

Indodax.com adalah marketplace untuk membeli dan menjual Bitcoin di Indonesia menggunakan mata uang rupiah. Kamu juga bisa menukarkan Bitcoin ke berbagai aset kripto, seperti Ethereum, Litecoin, Dogecoin, DASH, Ripple, Stellar, XEM, NXT, Bitshares dan aset kripto lainnya secara gratis tanpa potongan biaya.

Dulu, indodax.com ini bernama bitcoin.co.id, tetapi karena sekarang Digital Asset yang diperjualbelikan tidak hanya bitcoin, mereka melakukan rebranding agar lebih diterima oleh kalangan yang lebih luas.

Indodax (PT Indodax Nasional Indonesia) merupakan sebuah perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset digital terbesar di Indonesia. Telah beroperasi sejak tahun 2014, Indodax telah aktif melayani lebih dari 3 juta member yang tersebar di 80 negara dan menyediakan lebih dari 80 jenis aset kripto yang siap untuk diperjual-belikan. 

Lebih dari 10 juta pengunjung dengan volume trading mencapai 3T perbulannya, Indodax telah lama dikenal sebagai platform berlikuiditas tinggi dan pernah beberapa kali melantai posisi keempat marketplace aset kripto terbaik di dunia dilihat dari segi web traffic menurut ICO Analytics.

Sejarah Indodax?

Indodax di dirikan oleh Oscar Darmawan dan William Sutanto dengan nama Bitcoin Indonesia pada tahun 2014. Lalu tepat di bulan Maret 2018, Bitcoin Indonesia (bitcoin.co.id) resmi mengganti nama menjadi Indodax atau Indonesia Digital Asset Exchange (indodax.com). CEO Indodax, Oscar Darmawan menyatakan bahwa, "Masih banyak masyarakat yang mengenal indodax sebagai sebuah sistem pembayaran menggunakan Bitcoin. Padahal sebenarnya, tujuan indodax bukan sebagai sistem pembayaran". 

Hal tersebut yang kemudian menjadi salah satu alasan dari pergantian nama ini. Indodax bertujuan untuk memberikan pelayanan dan support yang lebih kepada pengguna. Pada rebranding ini, tidak ada yang berubah dalam hal sistem, struktur dan cara transaksi yang dilakukan oleh member.

Cara Mendaftar di Indodax?

Berikut adalah langkah-langkah mendaftar di indodax.com

  1. Akses https://indodax.com/ dari browser anda, klik "REGISTER AKUN". Lalu anda diminta memasukkan informasi personal seperti nomor telepon untuk menerima SMS, alamat email untuk aktivasi akun dan password.
  2. Setelah itu klik "Lanjut Pendaftaran". Anda diminta untuk memeriksa email yang telah anda daftarkan untuk aktivasi. Anda akan menerima email seperti gambar di bawah ini. Klik "AKTIVASI ACCOUNT" untuk mengaktivasi akun indodax anda.
  3. Setelah aktivasi akun berhasil, silahkan login dan selanjutnya anda akan diminta untuk memastikan bahwa nomor telepon yang telah anda daftarkan sudah benar.  Silahkan cek lagi nomor telepon tersebut, karena setelah konfirmasi, anda akan menerima sms berisi nomor pin untuk verifikasi.
  4. Setelah anda memasukkan nomor pin dengan benar, proses pendaftaran akun indodax selesai.
  5. Walaupun anda sudah berhasil login ke Indodax, untuk memulai jual beli, anda harus melakukan verifikasi akun lagi dengan data-data seperti nama dan tanggal lahir sesuai kartu identitas (KTP). Seperti yang dikutip dari indodax.com, hal ini dibutuhkan untuk mencegah tindakan penipuan dan untuk mematuhi peraturan KYC (Know Your Customer) sesuai dengan regulasi yang berjalan di Indonesia. Data ini juga akan dipergunakan untuk verifikasi diri Anda apabila terjadi kasus-kasus seperti kehilangan handphone atau pindah alamat. Pada saat itu pihak Indodax akan meminta Anda untuk menyamakan data saat ini dengan data identitas yang sudah pernah Anda berikan.
  6. Selain mengisi formulir data diri dengan benar, anda akan diminta untuk meng-upload scan atau foto kartu identitas seperti KTP, SIM atau Passport dan foto diri anda memegang tulisan "Verifikasi Beli Aset Digital di Indodax.com" beserta nama dan tanda tangan. Scan kartu identitas dan foto diri tidak boleh direkayasa secara digital.
  7. Setelah klik "KIRIM DATA", anda akan diberitahu bahwa proses verifikasi memerlukan 1 sampai 12 jam. Cek email, anda akan menerima email pemberitahuan verifikasi berhasil dan anda bisa melakukan deposit dan penarikan dengan leluasa di Indodax.

Bagaimana Cara Melakukan Deposit Rupiah di Indodax?

  • Klik menu 'Wallet', pilih 'Rupiah'.
  • Masukkan jumlah uang yang ingin Anda depositkan. Pilih sumber dana yang ingin didepositkan, contohnya: wechat pay, voucher, tunai, bank BCA, BRI, Mandiri atau bank-bank lainnya. Klik 'Lanjutkan'.
  • Jika Anda memilih metode voucher, Anda dapat langsung mencairkan kode voucher yang Anda punya, atau membeli voucher dari mitra-mitra exchanger indodax. Pilih metode pembayaran sesuai keinginan Anda dan klik tombol 'Pilih' di sebelah kanan untuk melihat instruksi lebih lanjut.
  • Jika Anda memilih metode tunai, Anda dapat melakukan deposit dengan menyerahkan uang tunai melalui kantor Indodax. Pilih metode pembayaran sesuai keinginan Anda dan klik tombol 'Pilih' di sebelah kanan untuk melihat instruksi lebih lanjut.
  • Jika Anda memilih metode bank transfer, pilih bank dan cara transfer (ATM, mobile atau internet banking) yang akan Anda gunakan. Masukkan nomor rekening bank Anda dan klik 'Lanjutkan'. Pilih metode pembayaran sesuai keinginan Anda dan klik tombol 'Pilih' di sebelah kanan untuk melihat instruksi lebih lanjut.
  • Setelah Anda mengirimkan uang Anda, isilah form 'Konfirmasi Transfer' sesuai dengan data yang diminta.
  • Tunggu tim keuangan indodax untuk memvalidasi deposit Anda. Saldo akan masuk dalam waktu 1-3 jam pada jam kerja.

Cara Membeli Cryptocurrency di Indodax?

Ada 2 cara untuk membeli cryptocurrency, dengan metode limit (tidak dikenakan biaya) dan dengan metode instan (dikenakan biaya sebesar 0.3%).

Membeli cryptocurrency dengan metode limit artinya membeli sesuai harga yang anda tentukan. Artinya pembelian cryptocurrency akan tereksekusi jika harga criptocurrency tersebut sesuai dengan yang anda tentukan. Lamanya tergantung dari pergerakan harga cryptocurrency tersebut. Bisa 1 hari tapi bisa juga 1 minggu atau lebih lama lagi. Anda dapat menmbatalkan (cancel) order pembelian ini jika belum tereksekusi.

  • Untuk melakukan pembelian dengan metode limit, anda dapat mengaksesnya melalui menu "Saldo Aset", lalu klik tombol "Market" di cryptocurrency yang ingin anda beli, contohnya Bitcoin (BTC).
  • Selanjutnya anda dapat memasukkan berapa rupiah yang ingin anda tukar ke bitcoin (minimum Rp.50,000), dan berapa harga bitcoin yang ingin anda beli. Konfirmasi ulang rupiah dan harga bitcoin sebelum klik "Lanjutkan".
  • Anda dapat membatalkan order pembelian bitcoin ini laman "Market" bitcoin, laman yang sama dengan pembelian Bitcoin dengan metode limit.
  • Untuk melakukan pembelian dengan metode instan (market) dapat diakses melalui tab "Beli / Jual Bitcoin Instan". Langkah pertama cukup mengisi nilai Rupiah yang ingin ditukarkan ke bitcoin. Lanjutkan.
  • Langkah selnjutnya anda diminta konfirmasi estimasi bitcoin yang akan diterima. Perhitungan estimasi ini belum tentu sesuai dengan yang akan anda terima karena bisa saja harga berubah saat diproses. Biaya menggunakan metode instan ini adalah 0.3% dari jumlah rupiah. Di step 3 lah anda menerima harga bitcoin yang dieksekusi.

Cara Menjual Jual Cryptocurrency di Indodax?

Untuk menjual cryptocurrency pun sama dengan membeli, ada 2 cara. Metode limit (tanpa biaya) dan metode instan (biaya 0.3%).
  • Menjual cryptocurrency dengan metode limit dapat diakses dengan cara yang sama dengan menjualnya. Tab "Saldo Aset" lalu klik tombol "Market" di cryptocurrency yang anda inginkan, contohnya bitcoin. Step pertama isi total bitcoin yang ingin dijual dan tentukan di harga berapa anda ingin menjual. Step kedua anda diminta konfirmasi lalu selesai di step tiga.
  • Order kita akan pending sampai harga market sesuai dengan harga yang kita tentukan.
  • Anda dapat membatalkan order pejualan bitcoin ini laman "Market" bitcoin, laman yang sama dengan penjualan Bitcoin dengan metode limit.
  • Untuk melakukan penjualan dengan metode instan (market) dapat diakses melalui tab “Beli / Jual Bitcoin Instan”. Langkah pertama cukup mengisi nilai Bitcoin yang ingin dijual untuk mendapatkan rupiah. Langkah kedua adalah konfirmasi estimasi Rupiah yang akan anda dapatkan. Dengan metode instan ini biaya yang dikenakan adalah 0.3% dari jumlah rupiah yang didapat dari menjual bitcoin. Jumlah Rupiah ini hanyalah estimasi dan bisa berubah sesuai harga bitcoin saat eksekusi.

Cara Penarikan Uang Rupiah dan Cryptocurrency di Indodax?

1. Untuk memindahkan saldo Rupiah anda di akun Indodax ke rekening bank pribadi, anda dapat mengakses nya melalui tombol "Setor / Tarik Rupiah" di laman awal.
  • Selanjutnya arahkan ke tab "Tarik Rupiah".
  • Anda dapat mengisi "Jumlah Penarikan". Minimal penarikan yang diperbolehkan adalah Rp.100,000 dengan biaya penarikan minimal Rp.25,000 dan biaya SMS. Sehingga total yang anda terima bersih adalah minimal Rp.74,500. Anda dapat menghapus biaya SMS dengan menggunakan Google Authenticator.
  • Isi nama Bank dan nomor rekening anda. Jika anda belum menggunakan Google Authenticator, anda perlu mengisi PIN SMS yang anda terima di nomor telepon anda yang terdaftar di Indodax.
    2. Untuk melakukan penarikan cryptocurrency, artinya anda mengirim cryptocurrency ke dompet (wallet) anda atau tempat perdagangan lainnya. Caranya adalah dengan mengakses dari tab "Saldo Aset" lalu klik tombol "Deposit / Withdraw" di cryptocurrency yang anda inginkan. Sebegai contoh adalah BTC, atau bitcoin. Untuk mengirim bitcoin terdapat jalan pintas seperti gambar di bawah.
    • Selanjutnya pilih tab "Kirim Bitcoin", lalu sama seperti penarikan rupiah, anda diminta memasukkan jumlah BTC lalu "Terima Bersih" akan terisi sendiri setelah dipotong biaya SMS dan biaya penarikan. Atau jika anda mengisi "Terima Bersih", jumlah BTC akan terisi secara otomatis setelah ditambahkan biaya SMS dan biaya penarikan. Sebelum menekan “Kirim”, pastikan alamat dompet anda sudah benar.

    Demikian informasi mengenai Indodax yang bisa Anda ketahui! Mohon maaf apabila terdapat informasi yang kurang tepat dan akurat, selebihnya saya hanya menjelaskan berdasarkan informasi tentang indodax yang sudah ada di internet. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang internet lebih jauh lagi.

    Postingan Lama Tak ada hasil yang ditemukan
    Postingan Lebih Baru

    Posting Komentar

    Ads Single Post 4