24 C
id

Cara Merubah Warna Address Bar Blog di Browser Mobile

Address Bar

Apakah kamu ingin merubah warna Address Bar (URL Bar) sesuai dengan warna dari tampilan websitemu? Nah, dikesempatan kali ini saya akan membagikan caranya mengubah warna Address Bar blo. Biasanya warna Address Bar ini hanya akan terlihat pada perangkat Mobile dan tidak berlaku untuk Browser PC atau komputer. 

Tertarik untuk membuat warna address bar kamu sendiri? Sebelumnya kamu harus ketahui apa yang dimaksud dengan address bar pada sebuah web atau blog berikut! Sehingga kamu bisa lebih mengenal dan memahami tentang fungsi address bar pada sebuah web atau blog.


Apa Itu Address Bar?

Contoh Address Bar pada Web atau Blog


Address bar adalah kolom teks di dekat bagian atas jendela browser Web yang menampilkan URL dari halaman web yangs sedang anda akses. URL, atau alamat web, mencerminkan alamat dari halaman yang sedang anda akses dan secara otomatis berubah setiap kali Anda mengunjungi halaman web baru. Oleh karena itu, Anda selalu dapat memeriksa lokasi halaman web yang sedang Anda lihat dengan address bar browser.


Langkah-langkah Mengubah Warna Address Bar Blog di Browser Mobile:

Cara mengubah warna Address Bar sangatlah mudah, khususnya bagi kamu pengguna platform Blogspot atau blogger.com bisa langsung mengikuti tutorial yang saya berikan berikut!

    1. Masuk ke blogger.com.
    2. Selanjutnya pilih Menu Tema/Template > Klik Edit HTML
    3. Pada laman HTML cari kode </head>. Agar mudah, tekan CTRL+F untuk menemukan kode tersebut. 
    4. Selanjutnya pastekan kode di bawah ini tepat di atas kode </head>.
       
        
      <!-- URL Color for Chrome, Firefox OS, Opera and Vivaldi -->
      <meta content='kode-warna' name='theme-color'/>
      
      <!-- URL Color for Windows Phone -->
      <meta content='kode-warna' name='msapplication-navbutton-color'/>
      
      <!-- URL Color for iOS Safari -->
      <meta content='yes' name='apple-mobile-web-app-capable'/>
      <meta content='kode-warna' name='apple-mobile-web-app-status-bar-style'/>
    5. Rubah kode-warna menjadi warna keinginanmu. Sebagai contoh saya akan mengganti dengan kode warna #ff8142 maka kode akan menjadi seperti ini.
       
      
      <!-- URL Color for Chrome, Firefox OS, Opera and Vivaldi -->
      <meta content='#ff8142' name='theme-color'/>
    6. Terakhir Simpan dan lihat hasilnya pada browser mobile kamu.

    Tips: Kesulitan mengganti kode warna nya? Berikut saya berikan tempat untuk mendapatkan jutaan kode warna sesuai keinginanmu. Kunjungi website https://www.color-hex.com/ untuk mendapatkan kode warna yang kamu suka!
    • Catatan: Tutorial mengubah warna Address Bar ini hanya bisa diterapkan pada template responsive yang berarti jika diterapkan pada blog yang masih menggunakan template bawaan blogger.com atau blogspot tidak akan berpengaruh.

    Demikian artikel cara mengubah warna address bar blog di browser mobile yang bisa kamu pelajari. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kamu yang suka kustomisasi tampilan blogspot menjadi lebih baik lagi.

    Bagaimana apakah masalah warna address bar kamu sudah teratasi? Silahkan tinggalkan komentar kalau kamu membutuhkan bantuan dan masih kesulitan dalam mengeditnya. Salam, Blogger Indonesia
    Postingan Lama
    Postingan Lebih Baru

    Posting Komentar

    Ads Single Post 4