24 C
id

Syarat Mendapatkan BLT Guru Honorer, Totalnya Mencapai Rp 2,4 Juta!

Pemerintah baru-baru ini memberikan bantuan subsidi upah (BSU) berbentuk bantuan langsung tunai (BLT) kepada pegawai swasta, serta Para Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) non PNS. Besaran bantuan yang diberikan berbeda, yakni Rp 2,4 juta untuk pegawai swasta dan Rp 1,8 juta untuk guru honorer.

Syarat mendapatkan BLT Guru honorer yang paling utama adalah, wajib memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Nantinya apabila memenuhi persyaratan para guru non ASN dan tenaga kependidikan akan mendapatkan BLT sebesar Rp 1,8 juta.

Dana tersebut langsung masuk ke rekening peserta dalam dua termin. Per bulan guru mendapatkan Rp 600 ribu. Dana ini akan tersalurkan selama 4 bulan. Sehingga totalnya Rp 2,4 juta.


Apa Syarat Mendapatkan BLT Guru Honorer?

Berikut syarat yang harus dipenuhi guru honorer agar dapat bantuan langsung tunai (BLT):

1. Belum Sertifikasi

Untuk mendapatkan BLT, seorang guru honorer harus guru yang belum sertifikasi. Artinya guru tersebut belum pernah melaksanakan PPG dan belum mempunyai sertifikat pendidik.

2. Untuk Tenaga Kependidikan

Syarat mendapatkan BLT guru honorer untuk tenaga kependidikan artinya staf tata usaha yang membantu mengoprasikan administrasi sekolah.

Di dalam sebuah lingkungan sekolah terdapat pendidik dan tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan juga akan mendapatkan hak yang sama untuk mendapatkan bantuan BLT guru honorer karena tugas mereka sama yaitu mengelola administrasi sekolah yang sangat banyak. Mulai dari kepentingan guru hingga sampai persuratan yang masuk dan keluar.

Hal ini dilakukan agar tidak ada kecemburuan sosial antara pendidik dan tenaga kependidikan apabila tenaga pendidik tidak mendapatkan hak yang sama yaitu BLT guru honorer.

3. Terdaftar di Dapodik

Syarat mendapatkan BLT guru honorer selanjutnya adalah terdaftar di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) artinya masih terdaftar aktif di data pendidik dan tenaga kependidikan. Cek Nama Guru Terdaftar DI Dapodik Di SINI.

4. Tidak Masuk Program BLT BPJS

Syarat mendapatkan BLT guru honorer selanjutnya yaitu tidak masuk program BLT BPJS Ketenagakerjaan, artinya belum mendapat bantuan. Apakah Namu Masuk Program BLT BPJS?.

5. Tidak Mengikuti Program Kartu Prakerja

Syarat mendapatkan BLT guru honorer yaitu tidak masuk program Prakerja, artinya tidak sedang menerima program Prakerja yang sudah berjalan. Kalo ingin daftar progam Prakerja silahkan unjungi link ini https://www.prakerja.go.id/

6. Terdaftar di Info GTK

BLT guru honorer bisa dicek setelah beberapa hari ke depan di halaman info GTK yaitu : https://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Guru yang sudah terdaftar dipastikan pasti akan mendapatkan BLT pada awal November ini.

7. Mengisi SPJTM

Guru harus bisa mempertanggung jawabkan BLT guru honorer dengan mengisi SPJTM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak). Guru menandatangi SPJTM di atas materai agar memiliki kekuatan hukum.

8. Surat Keterangan dari Kepala Sekolah

Syarat mendapatkan BLT guru honorer yaitu mempunyai surat keterangan dari kepala sekolah. Keterangan guru mengajar di sekolah ini sekaligus untuk mengetahui siapa saja yang berhak mendapatkan BLT.  Download Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.


Demikian postingan persyaratan untuk mendapatkan bantuan BLT (guru honorer) yang bisa anda ketahui! Semoga teman-teman guru sekalian semangat mengejar impiannya untuk mencerdaskan dan menuntun generasi selanjutnya ke arah yang lebih baik.

Bagaimana, apakah anda memenuhi persyaratan kelayakan mendapatkan BLT (Guru Honorer)? Bagikan ke teman-teman anda jika menyukai postingan refrensi diatas. Silahkan tuliskan kritik dan saran anda terkait informasi diatas, komentar anda membangun ilmu internet menjasi lebih baik lagi!

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4