24 C
id

Pengenalan User Interface & Layout Blender

Apa Itu Blender 3D?



Blender adalah sebuah software modeling 3D berbasis open source gratis yang dirilis tahun 2002 oleh organisasi atau komunitas The Blender Foundation. Blender telah digunakan oleh berbagai praktisi, mulai dari kalangan hobbyist, pengajar/akademisi, medis, antariksa, militer dan tentunya seniman multimedia serta perfilman.

Beberapa diantaranya karya film yang dikembangkan melalui Blender seperti Big Buck Bunny (2008), Tears of Steel (2012) dan film ternama seperti Spiderman 2 dan Tomm Moore s The Secret of Kells (nominator Oscar 2010 kategori Best Animated Feature Film) menggunakan blender dalam proses pembuatannya.

Selain digunakan untuk modeling 3D blender juga memungkinkan dalam pembuatan video game 3D beberapa contoh gamenya seperti 32 Secs The Nect Gate, Paper Train Rush, Relic Looter, Splash Cars dan masih banyak lainnya.

  • Sebelum anda melanjutkan ke topik utama pembahasan kali ini, jika anda belum memiliki software blender silahkan unduh (download) melalui website resminya https://www.blender.org/. Pastikan anda mengunduh versi terbarunya blender agar selalu mengikuti pembaruan tools dan fitur lainnya.


User Interface

Tampilan awal ketika membuka blender adalah gambar Splash Screen seperti diatas. Disini saya menggunakan blender versi 2.79 dan masing-masing menampilkan splash screen berbeda disetiap versinya.




Hal-hal yang harus dipelajari bagi seseorang yang ingin Belajar Blender 3D yaitu User Interface. Nama lain dari User Interface adalah perintah fungsi suatu menu atau kegunaan suatu jendela yang ada di Blender 3D berguna untuk mengoperasikan Blender 3D. Sebenarnya ada banyak fungsi menu di aplikasi Blender 3D yang berbeda-beda seperti untuk objeknya, untuk tampilannya, untuk bentuknya, dan sebagainya.

Mungkin ini terdengar sepele, tapi apa salahnya untuk mempelajari dahulu hal ini. Saya yakin jika Anda berfikir untuk berniat langsung ingin dapat karya yang memukau tanpa memahami User Interface itu sangatlah sulit

Tetapi mungkin User Interface yang paling penting adalah pada jendela 3D View dimana kita mengolah bentuk benda dari kubus ke bentuk yang kita inginkan, itulah hal yang paling penting bagi Anda untuk dipelajari dari pemula. Selain itu pelajari juga bilah Properties samping kanan yang terdiri dari beberapa Tab dan bilah kiri jendela 3D View yang berisi perintah-perintah untuk modeling kepada objeknya.

User Interface bukan sekedar itu saja tetapi User Interface lebih dari sekedar perintah-perintah saja. Mungkin User Interface berguna juga bagi pengenalan panel-panel yang berada dalam jendela Blender 3D. Untuk Blender pemula inilah yang sangat berharga karena kenal dulu baru kita bisa nyaman dengan Blender 3D.


Layout Editor Blender

Sebagai software 3D yang handal, blender terkenal mempunyai tampilan editor yang sederhana karena itulah anda harus mengenal tiap bagiannya terlebih dahulu. Layout default blender terbagi menjadi 5 bagian editor dan masing-masing layout mempunyai nama dan fungsinya tersendiri sebagai berikut.

  • 3D View Editor: Merupakan tempat setiap objek 3D di tampilkan. Jendela paling utama dan paling penting saat kita melakukan permodelan. Dari jendela ini, kita bisa melihat objek yang kita buat dari berbagai sisi. Untuk mempermudah penggunanya, blender telah mempersiapkan template untuk melihat sudut pandang yang dapat kita akses dengan menggunakan mouse maupun keyboard (dalam hal ini numpad).
  • Outliner Editor: adalah daftar yang mengatur data dalam file campuran, yaitu data adegan, data Pengurut Video, atau apa pun yang disimpan dalam file campuran. Outliner dapat digunakan untuk mengetahui data object dan informasi object.
  •  Properties Editor: menunjukkan dan memungkinkan pengeditan banyak data aktif, termasuk adegan dan objek aktif. Properti memiliki beberapa kategori, yang dapat dipilih melalui tab (kolom ikon di sebelah kirinya). Setiap tab mengelompokkan kembali properti dan pengaturan tipe data, dan didokumentasikan di bagian manualnya sendiri, ditautkan di bawah ini.
  • Info Editor: Mencatat operator, peringatan, dan pesan kesalahan yang dieksekusi. Laporan yang dicatat dapat dipilih dengan mengkliknya. Untuk memilih beberapa laporan, tahan
  • Timeline Editor: Diidentifikasi oleh ikon jam, digunakan untuk memanipulasi bingkai utama dan menggosok playhead. Timeline memberi pengguna gambaran umum yang luas tentang animasi adegan, dengan menunjukkan bingkai saat ini, bingkai utama dari objek aktif, bingkai awal dan akhir dari urutan animasi Anda, serta penanda yang ditetapkan oleh pengguna. Timeline Editor mencakup Kontrol Transportasi, untuk memutar, menjeda, dan melewati urutan animasi. Ini juga mencakup alat untuk memanipulasi Keyframe, Keying Sets, dan Markers.


Sementara itulah pengenalan user interface dan layout yang ada diblender secara umum. Untuk mengetahui fungsi dari tiap bagian blender secara lengkap dan mendetail anda bisa mengunjungi laman dokumentasi manual blender.

Demikian artikel pengenalan user interface blender yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan membantu anda yang sedang belajar blender. Simak tutorial blender dari Anti Warisan terbaru yang bisa anda pelajari disini.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4