24 C
id

Cara Menggunakan Adobe Photoshop Untuk Pemula



Tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan Adobe PhotoshopJika anda belum mengetahuinya berikut ulasan lengkap tentang fungsi dari Adobe Photoshop dan cara menggunakan Adobe Photoshop untuk pemula yang hendak mempelajarinya.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat semua orang menjadi lebih mudah dalam melakukan berbagai hal salah satunya, ketika akan mengedit gambar atau foto. 

Mengedit sebuah gambar atau foto biasanya digunakan melalui aplikasi atau software grafis salah satunya melalui Adobe Photoshop.

 

Apa yang dimaksud dengan Adobe Photoshop dan Fungsinya?

  • Adobe Photoshop atau Photoshop adalah perangkat lunak berbasis bitmap yang dikembangkan oleh Adobe System. Adobe Photoshop berfungsi untuk mengedit gambar/foto serta karya grafis lainnya. Adobe Photoshop biasanya digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan untuk pengeditan dan pembuatan efek tertentu pada gambar.

  • Sekarang ini Adobe Photoshop sudah memiliki banyak versi. Beberapa diantaranya yaitu versi pertamanya Adobe Photoshop CS (8.0) dan versi terbaru yaitu Adobe Photoshop CC (14.0) yang kompatible dengan perangkat Mac OS X, Windows 7 atau yang lebih baru.


Cara Menggunakan Adobe Photoshop Untuk Pemula:


Melalui aplikasi/software ini anda dapat berkreasi dalam mengedit photo dengan hasil yang sangat bagus. Karena adobe photoshop dilengkapi dengan banyak fitur baru yang bisa anda gunakan dalam menunjang pengeditan photo agar lebih baik.

Jika anda sering berlatih menggunakan adobe photoshop sebenarnya cukup mudah. Adobe photoshop dapat dipelajari secara otodidak maupun melalui kursus dan sekolah. Berikut langkah-langkah penggunaan software adobe photoshop untuk anda yang masih pemula.

  • Catatan: Pada tutorial kali ini saya menggunakan Adobe Photoshop versi CS (8.0) yang dirilis tahun 2003 lalu. Meski tampilan antarmukanya tidak se-modern versi terbarunya namun fungsi dari aplikasi tersebut hampir sama, hanya sedikit perbedaan pada fitur lainnya.


1. Membuat dokumen baru.


Dokumen baru dapat dibuat dengan mengklik menu File > New dibagian atas kiri tampilan. Selain itu dokumen baru pada photoshop dapat diakses melalui keyboard shortcut Ctrl + N. Setelah muncul jendela New dapat diatur berbagai pengaturan dokumen seperti ukuran, resolusi dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan. Adobe photoshop juga sudah menyediakan berbagai model pengaturan yang tersedia pada dropdown preset. 

  • Setelah selesai diatur, lakukan klik tombol Ok untuk menuju dokumen baru yang baru dibuat. Dokumen dapat diatur kembali pada menu Image > Image size.

2. Membuka dan Memasukan Gambar/Foto Pada Adobe Photoshop


Cara membuka dan memasukkan gambar dalam photoshop cukup mudah. Hal ini dapat dilakukan dengan mengakses menu File > Open. Setelah muncul jendela Open lalu cari file yang akan dibuka. Setelah didapatkan kemudian klik tombol Ok. 

  • Cara ini juga dapat digunakan untuk membuka berbagai jenis file yang disupport oleh Adobe Photoshop. Berbagai jenis file image sudah disuport oleh Adobe photoshop secara default. Namun demikian pengguna juga dapat menambah jumlah ekstensi yang dapat disupport photoshop dengan mendownload plugin tertentu di internet.


3. Membuat Layer Baru Pada Adobe Photoshop

Cara membuat layer baru dalam photoshop dapat dilakukan dengan mengklik menu Layer > Layer pada menubar atau melalui keyboard shortcut Shift + Ctrl + N selanjutnya isikan namanya klik Ok.

  • Layer merupakan komponen atau bagian bagian yang membentuk suatu dokumen dalam photoshop. Layer dapat di analogikan sebagai kepingan puzzle dalam satu set permainan puzzle.
  • Perlu diketahui oleh pengguna photoshop, Pada kumpulan layer (Layers) yang biasa terletak pada kanan bawah daerah kerja photoshop, urutan layer dari atas ke bawah menentukan posisi layer pada dokumen. Layer yang berada pada urutan teratas akan menutupi layer yang berada di urutan dibawahnya.


4. Menggunakan Fitur Seleksi Pada Adobe Photoshop


Fitur seleksi merupakan keunggulan dari adobe photoshop sekaligus yang cukup sulit dikuasai oleh pemula. Kesulitan dari penggunaan fitur ini berkaitan dengan kerapian dari hasil seleksi. Fitur ini dapat digunakan untuk memotong gambar atau foto. 

  • Selain itu fitur seleksi dapat digunakan untuk menhilangkan bagian-bagian dari gambar yang tidak diinginkan. Adobe photoshop menyediakan setidaknya tiga jeni fitur seleksi yaitu Marquee tool, Lasso tool dan Quick selection tool atau magic wand tool. Masing-masing jenis fitur seleksi memiliki keunggulan dan kelebihannya sendiri. Fitur ini dapat ditemukan pada toolbox di bagian kiri daerah kerja photoshop.


5. Menambah Teks/Tulisan Pada Adobe Photoshop


Cara menambah teks atau tulisan pada adobe photoshop dapat dilakukan dengan menggunakan type tool. Untuk dapat mengakses fitur ini dengan cepat dapat menggunakan shortcut T pada keyboard.

  • Pengaturan jenis tulisan serta ukuran huruf dan lain lain dapat ditemukan di bawah menubar setelah toolbox type tool di klik. Dengan menambahkan text ke dalam dokumen secara otomatis akan membuat layer baru layers (F7).


6. Mengatur Efek Gambar/Foto Pada Adobe Photoshop


Adobe Photoshop mempunyai bayak fitur untuk mengatur efek gambar foto atau tulisan. Fitur fitur ini dapat ditemukan di menu Filter, menu Image > Adjustments dan blending option. Blending option dapat diakses dengan cara mengklik kanan layer lalu pilih blending option.

  • Dengan mengatur dan mengedit efek gambar foto atau tulisan pengguna adobe photoshop dapat menambahkan efek stroke, shadow, mempertajam gambar, mengaburkan, mengatur Hue/Saturation serta efek lain pada layer yang dipilih.


7. Menyimpan Gambar & File Pada Adobe Photoshop




Anda harus menyimpan file atau gambar pada saat proses pengerjaan dimulai. Hal ini agar anda tidak kehilangan data kalau ada kesalahan pada komputer. Simpan data pada menu File > Save atau melalui keyboard shortcut Ctrl + S. Sama seperti jenis penyimpanan data lain pada window, Anda juga harus memilih jenis data yang ingin Anda simpan.
  • Jika Anda masih mengerjakan data, simpanlah sebagai PSD atau Photoshop Document, agar Anda tetap bisa mengedit dengan utuh. Hal ini juga berguna untuk mempertahankan layer.
  • Jika Anda mau menyimpan data dengan cara mengunggahnya ke dalam situs atau menambahkannya pada program lain, simpanlah salinan data dalam bentuk gambar. Pilihan umum untuk jenis ini adalah jpeg, namun jika Anda ingin mempertahankan transparansi maka simpanlah sebagai gif.
  • Ada juga pilihan lain yakni menyimpannya sebagai PDF. Hal ini berfungsi jika gambar lebih banyak berisi kata-kata dan memang ditujukan untuk dicetak pada kertas standar. Dan masih banyak format lainnya.



Demikian cara menggunakan adobe photoshop untuk pemula yang bisa anda pelajari secara otodidak. Masih banyak tutorial penggunaan adobe photoshop lainnya yang harus anda pelajari jika ingin mahir. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4