24 C
id

Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google Atau Belum?

Cara cek index artikel di google? Sebagai penulis artikel di blog/website mengetahui apakah postingan yang kita publikasikan sudah muncul di google merupakan hal yang wajar. Terutama jika anda masih pemula, wajar kalau penasaran dengan artikel yang ditulis sudah muncul di halaman pencarian google atau belum. 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini admin Ilmu Internet akan membagikan cara mengecek index artikel di google dengan benar dan tepat. Mungkin dengan informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Langkah-Langkah Memerika URL Postingan yang Sudah Terindex Google

Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk melihat index artikel baru yang sudah ditulis. Dengan tujuan yang sama yaitu untuk memastikan hasil index halaman di mesin pencari.

1. Menuliskan Judul Artikel

Cara pertama yang bisa anda coba lakukan adalah dengan menuliskan judul artikel di kolom pencarian google. Hasilnya akan menampilkan semua blog dan website yang memiliki judul serupa. Kalau blognya populer langsung ada di halaman pertama sih. Tapi bagaimana kalau blog masih baru dan harus mencari sampai halaman berikutnya terus-menerus.

Karenanya diberikan atribut tambahan site: untuk membantu mempersempit ruang pencarian. Format penulisannya seperti ini:

"judul artikel" site:namablog.com


2. Menuliskan URL Artikel

Jika anda sudah melakukan cara melihat index artikel digoogle yang pertama. Cara kedua ini terbilang yang paling mudah dan sederhana namun efektif. Untuk melakukannya cukup tuliskan URL artikel lengkap di kolom pencarian Google. Karena URL bersifat unik dan tidak mungkin ada yang sama, maka hasilnya pasti ada. Jika tidak ada, bisa dipastikan artikel belum terindeks.

3. Menuliskan URL Blog

Anda juga bisa langsung menuliskan alamat blog dengan menambahkan atribut site: tapi yang muncul tidak hanya satu yang spesifik saja, melainkan semua yang sudah terindex, baik itu halaman postingan maupun halaman statis (page). Dengan cara tersebut anda bisa mengetahui index seluruh halaman & artikel dengan lengkap.

site:namablog.com


4. Melalui Google Search Console

Jika artikel anda belum kunjung terindex google, sebaiknya gunakan bantuan Google Search Console. Silakan daftar Search Console jika belum punya akun. 

  • Selanjutnya submit sitemap blog dan fetch as Google alias submit URL setiap artikel. Ini dilakukan untuk meminta mesin pencari agar segera melakukan pengindeksan pada artikel yang disubmit.
  • Buka dashboard dan masukkan URL artikel ke kotak di atas, persis seperti gambar ini.


Nah, kalau artikel anda sudah terindex google tampilannya akan seperti ini. Mudah bukan?

  • Catatan: Sebaiknya anda juga mempelajari cara menulis artikel yang benar agar cepat terindex google dan perbanyak sharing artikel ke media sosial atau lainnya sebelum anda mengecek di google pencarian.

Demikian cara mengetahui artikel yang sudah terindex oleh google pencarian dengan benar. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman blogger semua. Salam, Blogger Indonesia

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4