24 C
id

Cara Mendapatkan Domain Gratis Untuk Blogger

Pernahkah kamu menggunakan salah satu domain gratis seperti blogspot.com, wordpress.com, weebly.com? Tentunya kalau kamu seorang blogger tidak akan asing dengan nama-nama domain tersebut.

Bagi teman-teman yang masih awam soal domain, pelajari dahulu Pengertian Nama Domain Beserta Fungsinya. Selanjutnya kita bisa melanjutkan topik utama yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Kalau kamu pernah dan sampai sekarang masih memakai domain diatas! Saatnya kami mencoba menggunakan berbagai domain gratis dibawah ini. Berikut daftar nama domain yang bisa kamu dapatkan secara gratis.


Daftar Nama-nama Domain Gratis

Berdasarkan informasi yang saya rangkum dari qwords.com berikut nama domain gratis yang bisa kamu gunakan guys!

1. Domain .CF

Ekstensi domain .CF ditujukan untuk warga negara Central Africa (Afrika Tengah) tersebut sempat menghiasi beberapa forum, grup diskusi, hingga platform social bookmarking pada jamannya.

2. Domain .GA

Ekstensi domain .GA merupakan nama domain yang diperkenalkan pada tahun 1994 untuk negara Gabon. Banyak penulis tanah air yang tertarik menggunakannya dan sempat ada yang diterima google adsense.

3. Domain .GQ

Domain gratis selanjutnya adalah ekstensi .GQ. Apa itu domain .GQ? Domain ini merupakan country code untuk negara Guinea Ekuator dan masih memiliki karakteristik hampir sama seperti beberapa ekstensi domain sebelumnya, yakni memiliki kemampuan rendah untuk menghandle traffic, tingkat kepercayaan rendah, serta indeks di mesin pencari yang sulit dioptimasi.

4. Domain .ML

Ada yang pernah mengunjungi website dengan ekstensi domain .ML? Ekstensi domain ini sejatinya merupakan nama untuk negara Mali, salah satu daerah di kawasan Afrika Barat. Sama seperti ekstensi gratis lainnya, domain ini memiliki masalah pada tingkat kredibilitas serta kemampuan menghandle traffic yang terbatas.

5. Domain .TK

Sebagai informasi, ekstensi domain .TK merupakan jenis ccTLD atau Country Code Top Level Domain yang berasal dari negara Tokelau. Nama domain dari daerah yang berada di benua Oceania tersebut bisa sahabat Qwords dapatkan secara gratis sebagai bahan untuk belajar bikin website.


Langkah-langkah Membuat Domain Gratis di Freenom

  1. Buka website freenom.com
  2. Lakukan cek domain yang ingin digunakan melalui kolom Whois domain, kemudian tekan tombol Check Availability.
  3. Pilih Ekstensi domain yang ingin digunakan, kamu bisa memilih domain .TK, .GA, .ML, .GQ atau .CF tentukan sesuai selera dan ketersediaan.
  4. Klik pada salah satu ekstensi, kemudian klik Checkout.
  5. Selanjutnya Anda bisa memilih proses registrasi dengan memasukkan alamat Email atau login menggunakan akun media sosial.
  6. Ikuti langkah registrasi dengan mengisi Nama, Email, Nomor Telepon, dan alamat.
  7. Selesai, selanjutnya anda bisa menambahkan domain ke blogger maupun wordpress.

  • Tips dan Saran: Alternatif layanan penyedia domain secara gratis lainnya yang bisa kamu coba Biz.nfDot.tkBiz.lyWix.com dan tmdhosting.com

Itulah cara mendapatkan domain gratis dengan mudah melalui layanan freenom.com. Selain itu, kamu juga bisa membeli domain tld seperti .com, .net, .org dan lainnya melalui layanan penyedia domain terbaik dan terpercaya.


Kelebihan & Kekurangan Menggunakan Domain Gratis?

  • Kelebihan: Seperti yang kita ketahui untuk mendapatkan domain gratis diatas sangat mudah dan tanpa biaya perpanjangan domain. Terlebih inisial akhir dari domainnya lebih singkat dan mudah untuk diingat pengunjung.
  • Kekurangan: Tidak seperti kamu membeli domain Top Level Domain (TLD), domain gratis tersebut terlihat kurang profesional dan kelemahannya tidak bisa membuat subdomain serta biasanya tidak menawarkan support center yang baik.


Demikian postingan cara mendapatkan domain gratis untuk blogger & wordpress yang bisa kamu pelajari. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba rasanya mengelola domain gratis sendiri.

Kalau kamu mempunyai pertanyaan dan saran terkait postingan ini, silahkan tuliskan melalui kolom komentar dibawah. Mungkin saya bisa memberikan jawabannya!

Jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu lainnya, supaya mereka ikut tahu update terbaru tentang tips dunia blogging menarik ini.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4