24 C
id

Cara Memindahkan Object di Blender

Tutorial Blender 3D Bahasa Indonesia - Halo semua, selamat datang disitus belajar desain grafis. Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial blender 3d yaitu cara memindahkan object atau benda dari satu sisi menuju sisi lainnya.

Meski sederhana tapi jika anda pertama kalinya belajar penggunaan software blender 3d pasti merasa kesulitan. Berikut saya bagikan cara memindahkan object atau model di blender 3d dengan benar dan tepat.


Langkah-Langkah Memindahkan Object di Blender 3D:

1. Buka software blender 3d nya, arahkan cursor ke object lalu klik kanan pada mouse. Sehingga object terseleksi dan menampilkan warna kuning pada sisi object seperti gambar berikut.


2. Terdapat 3 titik sumbu, yaitu X (warna merah), Y (warna hijau) dan Z ( warna biru) dan 3 cara menggerakkan object seperti berikut.

  • Cara pertama pilih salah satu koordinat misalnya arah Y lalu klik kiri pada mouse geser kearah yang anda inginkan. 
  • Bisa juga menggunakan keyboard G + X/Y/Z sesuai koordinat anda.
  • Atau anda bisa menggunakan keyboard G saja untuk memindahkan secara bebas.


3. Cara terakhir untuk memindahkan object selain melalui sumbu/koordinat di blender 3d adalah melalui Tab Properties menu Object > Transform > Location

  • Lalu masukan angka misal 1.000 pada salah satu koordinat X/Y/Z maka object akan berpindah sesuai jumlah angka tersebut. 


Demikian tutorial cara memindahkan object di blender 3d dengan benar dan tepat. Semoga bermanfaat untuk anda yang masih belajar dan memudahkan kalian menguasai software tersebut dengan cepat. Salam, Anti Warisan

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4