24 C
id

Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding


IlmuInternet.com - Apakah kamu mempunyai ide membuat aplikasi android sendiri? Tapi enggak paham coding pembuatannya! Tenang, karena dikesempatan ini saya akan membagikan tutorial membuat aplikasi android secara online dengan mudah melalui App Pie.

Sebelum anda melanjutkan pada tutorial kali ini, kamu harus mengetahui untuk membuat aplikasi android biasanya dilakukan menggunakan software pengembangan apps seperti Android Studio yang ditawarkan oleh Google Inc.

Tentunya jika kamu ingin membuat aplikasi sendiri di Android Studio, setidaknya kamu harus mempelajari bahasa Pemrograman Java terlebih dahulu. Pasti kamu yang nggak sabar kan! Karena itu kamu harus mencoba membuat aplikasi secara online berikut.


Apa Itu Appy Pie?

Appy Pie adalah layanan pengembang perangkat lunak yang didirikan pada tahun 2015. Appy Pie menawarkan kemudahan untuk membuat aplikasi pada smartphone tanpa harus menguasai keterampilan programing. Selain melalui website resminya appypie.com tersedia juga versi apps nya yang bisa kamu unduh (download) gratis di Google PlayStore.

Dengan aplikasi yang bernama "App Builder" yang ditawarkan oleh Appy Pie LLP. Kamu bisa dengan mudah membuat aplikasi android secara gratis. Kalian tinggal Drag-Drop asset yang dibutuhkan dan Build Selesai. Appy Pie juga menyediakan bermacam-macam template untuk digunakan dalam membuat aplikasi dengan cepat. 


A. Langkah-langkah Membuat Aplikasi Android Secara Online

  1. Kunjungi website appypie.com, silahkan mendaftar dan login menggunakan akun Appy Pie. Lalu tekan Create New untuk mulai membuat aplikasi.

  2. Selanjutnya akan muncul jendela popup yang menampilkan pilihan tujuan pembuatan aplikasi android. Terdapat 2 pilihan yaitu Create Your Native Mobile App dan Create Your Website. Masing-masing mempunyai tipenya sendiri, karena itu pelajari di google tentang aplikasi Native dan aplikasi Webview.
  3. Berhubung saya hendak membuat aplikasi android Webview atau situs web ke aplikasi. Maka saya memilih Create Your Website. Lalu isikan nama aplikasi android kamu seperti gambar berikut. Jika sudah klik Continue untuk melanjutkan prosesnya.

  4. Selanjutnya pilih kategori aplikasi yang menceritakan tentang isi website atau situsmu. Jika sudah tekan Continue

  5. Opsi berikutnya kamu bisa menentukan"Style" aplikasi sesuai template pilihanmu. Jika sudah tekan Save & Next.

  6. Pada tahap pembuatan selanjutnya kamu bisa mengatur "Costumize Your Website" sesuai keinginan. Terdapat beberapa menu kostumisasi seperti Edit Website LayoutEdit Website ElementsEdit Color ThemeEdit Fonts and Colours. Jika sudah tekan Save & Continue.

  7. Selanjutnya tunggu aplikasi android diproses oleh sistem Appy Pie. Selamat kamu sudah berhasil membuat aplikasi android sendiri secara online dan gratis! Tekan Preview Website untuk melihat hasil aplikasi buatanmu.

  8. Kurang lebih hasilnya akan seperti gambar berikut ini, selamat aplikasi webview kamu berhasil dibuat. Berikut linknya Aplikasi Ilmu Internet.


B. Cara Membuat Aplikasi Android Melalui Smartphone

  1. Unduh (download) aplikasi App Builder melalui Google PlayStore.
  2. Siapkan asset seperti Logo apk, Screen Flash, Background dan tentunya Web/Blog yang anda kelola (Khusus pembuatan aplikasi Webview).
  3. Buka aplikasi APP Builder di android kalian. Lalu mendaftar dan login menggunakan akun anda
  4. Pilih Kategori aplikasi yang ingin anda buat. misalnya: Online Business, Restaurant, Health, Gambling, Photography, Web view dan lain-lain."
  5. Selanjutnya pilih desain aplikasi yang anda inginkan lalu klik Next.
  6. Selanjutnya tambahkan navigasi dalam aplikasi seperti Contact, About Us, Website dan lainnya. Ini adalah fitur utama yang nantinya ditawarkan kepada pengguna jadi anda bisa menambahkan sesuai kebutuhan.
  7. Berikut beberapa navigasi aplikasi lainnya seperti pembuatan Coupon, E-Commerce, Folder, Food Cout, Member Card, Store dan lainnya.
  8. Didalam aplikasi App Builder, kalian bisa membangun aplikasi khusus member web/bisnis. Contohnya anda bisa membuat sistem Login, Menu, Alert/Pemberitahuan, Disclaimer, Rate & Share media sosial.
  9. Setelah kalian mengatur fitur dan desain template aplikasi selanjutnya kita akan mengatur Desain/Warna tampilan aplikasi.
  10. Jangan lupa untuk menambahkan Asset yang sudah kalian siapkan diawal seperti Logo Aplikasi, Background Aplikasi dan Splash Screen dimenu ini.
  11. Berikut untuk merubah warna dan desain Teks menu Navigasi Aplikasi anda.
  12. Jika kalian sudah mengatur beberapa poin aplikasi diatas. Selanjutnya tekan tombol "SAVE" dan tekan "Build APK" untuk membuat aplikasi android secara gratis.
  13. Terakhir tunggu selama 1jam - 24jam pengembang App Builder akan mengirim link unduhan (download) aplikasi buatan anda tadi melalui email member anda. Selesai..
 
 

Sekian postingan cara membuat aplikasi android secara online dan melalui hape smartphone yang bisa anda pelajari. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-temanmu melalui media sosial dibawah.

Terima kasih telah menyimak tutorial ini, semoga postingan tersebut bermanfaat untuk kita semua. Semoga ke depannya makin banyak aplikasi baru dan bermanfaat memudahkan orang lain.

Saling membantu dan saling menghargai satu sama lain untuk membangun ilmu internet lebih baik. Jaga kesehatan dan sampai bertemu di artikel menarik selanjutnya.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4