24 C
id

10+ Game Populer Ini Dibuat Melalui Software Blender, Siapa Sajakah Pengembangnya?

Sumber: nexantrends.rf.gd


Memperkenalkan dunia grafis lebih jauh kepada teman-teman sekalian merupakan tujuan utama anti warisan. Dengan harapan agar generasi selanjutnya mampu meneruskan bidang grafis ini kearah yang lebih baik dan bermanfaat.

Seiring berjalannya waktu teknologi grafis makin berkembang dan mutakhir dalam segala aspek. Terutama cabang seni grafis yang kini semakin pesat penggunanya hingga mendominasi kancah global.

Trends era globalisasi menciptakan peluang usaha dan pekerjaan baru dibidang digital. Salah satu yang paling diminati yaitu Modeling 3d dan Development game 3d.


10+ Game Populer Yang Dibuat Menggunakan Software Blender:

Salah satu software atau aplikasi yang memungkinkan dalam pembuatan sebuah game 2d maupun game 3d yaitu blender 3d modeling melalui Logic Editor di Blender Game Engine

Beberapa game buatan dari blender telah mendunia dan dimainkan banyak penggemar. Berikut ulasan kumpulan game yang terbuat dari blender versi Anti Warisan.


1. Marble Expedition

Marble Expedition

Game pertama yang diciptakan melalui software blender adalah Marble Expedition. Permainan tersebut dikembangkan oleh Thatimster ditahun 2015 menggunakan blender dan mendukung perangkat komputer untuk memainkannya.

Deskripsi game tersebut merupakan game kelereng yang harus menemukan jalan untuk mencapai garis finis. Sepanjang jalan akan ada berbagai powerup dan barang koleksi yang dapat digunakan pemain untuk membantu mereka mencapai akhir level.


2. Elpis The Game

Elpis The Game

Elpis The Game merupakan game yang dibuat melalui blender dirilis tahun 2009. Game tersebut adalah game petualangan klasik Anda. 4 orang bijak di desamu bertempur dalam perang besar, mereka kalah dalam pertempuran dan ditangkap oleh Van Hagen (murid kuno tuanmu).

Project pembuatan game Elpis The Game yang dipublikasikan oleh nweissberg bisa anda lihat melalui website komunitas Blender Artists. Karenanya belajarlah pembuatan game lebih lanjut melalui bantuan teman-teman developer disana. 


3. Festival of Speed

Festival of Speed

Selanjutnya game yang dibuat dari blender adalah game Festival of Speed - BGE Racing Game dengan genre balapan yang dirilis tahun 2015 oleh MarvinCJames melalui komunitas Blender Artists. Jika anda tertarik untuk membuat game melalui blender mungkin tema balapan tersebut lebih cocok untuk anda.


4. Worn Tires

Worn Tyres adalah game balapan tahun 2015 yang memadukan balapan jalanan dan balapan publik menjadi satu cerita menarik. Game yang dibuat melalui blender ini masih dalam tahap awal (pra-alfa) pengembangan dan saat ini difokuskan pada pembuatan logika meskipun model dan tekstur juga sangat dibutuhkan.

Permainan yang dikembangkan Adrians Netlis berlangsung di beberapa area kota yang akan dihubungkan dengan beberapa jalan raya yang dipersingkat secara proporsional. Tempat di mana permainan akan beraksi tidak akan cocok dengan tempat nyata mana pun dalam kehidupan (kecuali saya dan tim saya secara tidak sengaja akan menempatkannya secara merata di suatu tempat di dunia).


5. Nelphilim Genesis

Nephilim Genesis adalah game bergenre horor yang dibuat oleh Inverted Pyramid melalui bender ditahun 2013. Game ini dirancang untuk menjadi gaya modern dari mekanisme horor bertahan hidup klasik. Mekanika seperti manajemen sumber daya, eksplorasi, penelusuran kembali, dan pemecahan teka-teki. Kisah permainan itu sendiri diserahkan kepada pemain itu sendiri untuk ditemukan dalam catatan yang tersebar di sekitar lingkungan.


6. Arctic Alive

Arctic Alive

Arctic Alive - simulator merupakan game horor yang dikembangkan melalui blender oleh developer Dima Kiva. Game tersebut dirilis pada 2016 pada platform distribusi digital terbesar untuk PC gaming STEAM.

Arctic Alive mempunyai alur game horror bertahan hidup, aksi tersebut terjadi di Siberia di stasiun penelitian "Arktik". Ada sesuatu yang perlu dipahami pemain. Dunia terbuka untuk eksplorasi.


7. Tactical Emergency

Tactical Emergency

Project Tactical Emergency merupakan aksi third person yang dikembangkan oleh ChaosEmergency melalui software blender pada tahun 2015. Informasi selengkapnya tentang game ini bisa anda cek melalui forum komunitas Blender Artists.


8. Engine Roar

Engine Roar


Engine Roar adalah game balapan pasca-apokaliptik yang dibuat oleh Nudiventra melalui software blender dengan penaklukan trek dan kendaraan baru. Anda dapat melihat fisika bagus, cerita menarik, dan mobil rusak. Pengembangan game pada tahap awal.


Info Pengembang:

  • Konsep: Igor Tverdokhleb.
  • Model dan tekstur: Igor Tverdokhleb, Alexandr Tverdokhleb, Denis Yeliseyev, Igor Troyanov, Katherine Novakovskaya
  • Pemrograman: Andrey Voloshin, Adrians Netlis (2015-2016)


9. The Island



The Island merupakan game bergenre survival yang dikembangkan oleh blenderrendersky melalui software blender. Game tersebut dibuat pada tahun 2015 dan sepertinya dahulu pembuatan mereka dibantu para developer di komunitas Blender Artists untuk menambahkan fitur sebagai berikut.

  • Crafting
  • Inventory
  • Tree cutting
  • Rabbits with Ragdoll
  • Campfire
  • Day & Night cycle (still needs adjustments)
  • Bears
  • Underwater concept
  • Intro Cutscene
  • Building System (beginning)
  • Object Grabbing

10. KRUM Edge of Darkness

KRUM Edge of Darkness


Game populer lainnya yang dibuat melalui blender adalah game bergenre aksi, petualangan KRUM Edge of Darkness yang dirilis pada tahun 2015 oleh HA Studio Ltd melalui STEAM

KRUM Edge of Darkness adalah game RPG yang menyenangkan, meretas dan menebas, petualangan aksi dengan taktik pertempuran tingkat lanjut. Anda akan menghadapi massa menakutkan yang tak terhitung jumlahnya dan binatang buas yang aneh, jebakan mematikan yang tersembunyi, ksatria iblis dan naga yang kuat.


11. Yo Frankie

Yo Frankie

Yo Frankie! adalah game yang dibuat oleh Blender Institute, bagian dari Blender Foundation, yang semula dijadwalkan dirilis pada Agustus 2008. Game ini didasarkan pada semesta dan karakter film gratis yang diproduksi sebelumnya pada 2008 oleh Blender Institute, Big Buck Bunny


12. Sintel: The Game

Sintel The Game


Sintel The Game menggunakan Blender Game Engine (v2.68) dan diprogram dengan Python. Game ini stabil di Windows dan Linux (pada 2014) tetapi harus bekerja di OSX (mungkin dengan beberapa penyesuaian).

Sintel The Game mengusung genre petualangan sumber terbuka yang dibuat dengan Blender 3D berdasarkan film sumber terbuka 'Sintel'.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk memperluas dunia Sintel dan mengembangkan platform yang memungkinkan pengguna membuat dan membagikan konten mereka sendiri.



Keunggulan Software Blender Dalam Pembuatan Game:

  • Interface yang user friendly dan tertata rapi.
  • Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,
  • Texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting,Rendering, compositing, post production dan game creation.
  • Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
  • Bisa digunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix dan sistem operasi yang lainnya.
  • Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
  • Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
  • Filenya Berukuran kecil.
  • Free (gratis).


Kekurangan Software Blender Dalam Pembuatan Game:

  • Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max, Unity, GameMaker dan lainnya
  • Tampilan cukup berantakan
  • Semua proses dilakukan dengan manual
  • Tidak banyak tutorial blender game bahasa indonesia yang lengkap


Demikian artikel tentang 10+ game populer yang dibuat menggunakan software blender. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman yang sedang mencari refrensi game buatan blender.

Jika anda menyukai artikel tersebut silahkan bagikan ke teman anda lainnya. Supaya mereka mengetahui teknologi hebat dari software blender.

Salam, Anti Warisan

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

10 komentar

  1. Sangat menginspirasi kak, jadi pingin belajar membuat game gitu deh jadinya!

    BalasHapus
  2. Selain blender software apa aja yang bisa buat bikin permainan seperti itu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada unity, unreal engine, armory sama godot gan

      Hapus
  3. Pernah nyobain logic editor tapi susahnya minta ampun, makasihmin setidaknya udah menginspirasi 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, harus banyakin belajar tentang logic editor melalui forum" blender indonesia agar lebih mahir

      Hapus
  4. berapa lama ya proses pembuatan game pakai blender? apa sulit belajarnya min. . 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tergantung scene level dan obstacle yang dibuat gan bervariatif..

      Biasanya lama.. sampai berbulan-bulan.. apalagi kalau masih newbie 😁

      Hapus
  5. di indonesia ada nggak yang bisa buat game pakai blender? kayaknya gak ad y

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang terekspost gan infonya, mungkin anda bisa mengecek langsung lewat forum atau grub di indonesia contohnya difacebook

      https://m.facebook.com/groups/BGEIndonesia/

      Hapus

Kritik dan saran Anda akan sangat membantu demi perkembangan ilmu internet lebih baik. Terima Kasih.

Ads Single Post 4