24 C
id

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia

IlmuInternet.com - Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technologies / ICT) adalah terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi (Setiadi dkk, 2009).

Menurut Haag dan Keen dalam Renol (2010:38) Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi, ini berlaku juga untuk alat komunikasi. Haag mengklasifikasikan ITC ke dalam dua pengertian dengan aspek yang berbeda, yaitu:

a. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

b. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi secara jamak dapat diartikan sebagai perangkat buatan manusia yang digunakan untuk memperoleh informasi dan membangun komunikasi dengan memanfaatkan berbagai dimensi ruang dan waktu.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mengalami perkembangan yang pesat di era modern. Dapat dikatakan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah teknologi paling tua yang berhasil diciptakan oleh manusia yang kemudian berkembang ke tingkat yang paling kompleks dengan pemanfaatan perangkat modern sebagaimana yang terdapat saat ini.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi memasuki babak baru ketika ditemukannya huruf alfabet yang memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet yang secara lugas menceritakan peristiwa secara lugas dan jelas. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu, juga dalam hal berkomunikasi, yakni melalui surat dan lain-lain.

Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan. Teknologi Informasi dan Komunikasi dewasa ini menembus dimensi ruang dan waktu.

Teknologi informasi dan komunikasi modern Indonesia sangat terpengaruh oleh penemuan-penemuan baru yang ada di negara industri Eropa dan Amerika.

 

 

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia


Berikut sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi modern di Indonesia :


Internet

Perkembangan teknologi Internet di indonesia



Teknologi internet di Indonesia berawal dari pembuatan Internet Protokol (IP) di Universitas Indonesia bernama UI-NETLAB pada 24 Juni 1988.

Dalam buku Perkembangan Teknologi Komunikasi (2017) karya Nurudin, pada tahun 1994, muncul Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia yang bernama IndoNet. IndoNet berhasil membangun sambungan awal ke Internet dengan menggunakan teknologi dial-up.

Pada tahun 1995, Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan izin usaha terhadap ISP IndoNet dan RadNet sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan teknologi internet di Indonesia.

Jumlah pengguna internet di Indonesia pada kuartal II 2020 mencapai 196,7 juta jiwa. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan pada 2018, di mana jumlah pengguna internet di Indonesia sebesar 171,2 juta jiwa.

 

Radio

Perkembangan teknologi Radio di indonesia



Perkembangan radio di Indonesia telah ada sejak tahun 1920-an. Pemerintah kolonial Belanda membangun beberapa stasiun radio di kota-kota besar seperti Bataviaasche Radio Vereeniging (BRV), Nederland Indische Radio Omroep (NIROM), dan Solosche Radio Vereeniging (SRV).

Pada 11 September 1945, pemerintah Indonesia berhasil mendirikan stasiun radion nasional Indonesia yang dinamakan Radio Republik Indonesia (RRI).

RRI memiliki peran vital dalam revolusi kemerdekaan Indonesia. Pada saat Agresi Militer Belanda II, pemancar RRI di Wonosari Yogyakarta menjadi alat penghubung utama antara tokoh nasionalis di Yogyakarta dan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukittinggi.

 

Satelit

Perkembangan teknologi satelit di indonesia


Perkembangan satelit di Indonesia berawal dari pembangunan Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa pada masa pemerintahan Orde Baru. Satelit Palapa berhasil diluncurkan pada 8 Juli 1976 dari Cape Kenedy, Amerika Serikat.

Dalam jurnal Studi Perkembangan dan Kondisi Satelit di Indonesia (2013) karya Diah Yuniarti, peluncuran Satelit Palapa bertujuan untuk membangun sistem informasi dan komunikasi nasional yang efektif dan efisien. Sistem satelit ini mampu menyediakan layanan telefoni dan faksimili antar kota di Indonesia.

 

Demikian artikel mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi modern di Indonesia yang sebenarnya masih banyak bila harus dirangkumkan. Semoga apa yang saya bagikan bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Salam, Anti Warisan

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4