24 C
id

Berapa Gaji Desain Grafis di Indonesia?

Gaji Desain Grafis di Indonesia?


Berapa gaji desain grafis di indonesia? Pertanyaan tersebut sering kali dipertanyakan Graphic Design Graduate. Tidak ada salahnya sih, mengetahui berapa perkiraan pendapatan seorang desainer grafis yang sebenarnya. Bertahun-tahun mengambil study keinginan untuk memiliki perkerjaan yang baik adalah hal yang didambakan semua orang.

Sebagai seorang freelance graphic designer, yang kadang mempunyai income dan kadang juga engga ada sama sekali. Saya juga punya niatan untuk mencari perkerjaan full time graphic designer. Tapi masih bingung memilih perusahaan mana yang menawarkan gaji yang cocok!

Kesenjangan ekonomi menjadi alasan individual, bukan hanya di bidang desain grafis saja. Bidang-bidang lain juga mempunyai prespektif yang sama terkait kesejahteraan finansial. Contohnya saya, sebagai seorang penulis juga mengharapkan penghasilan yang cukup dan bisa mencapai apa yang aku inginkan.

Perlu diketahui alasan gaji desain grafis selalu berbeda disetiap daerah, kota dan negara. Hal ini tergantung dengan Profesimu, Pendidikanmu dan Tujuan Perusahaan tersebut kedepannya. Simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan sehingga terciptanya kehidupan yang harmonis. hehehe

Saat ini, tersedia banyak pekerjaan yang mengandalkan kemampuan seorang desainer grafis. Desain grafis sering dikategorikan sebagai Commercial Art karena merupakan perpaduan antara seni rupa dengan komunikasi untuk tujuan bisnis dan industri desain grafis berkembang pesat.

Pekerjaan di bidang ini tidak bisa dianggap remeh karena seorang desainer grafis tidak hanya bertugas untuk membuat desain, tetapi juga menentukan konsep, tema, kerangka, guideline, mockup, dan sebagainya. Penasaran? Informasi berikut akan membahas kisaran gaji desainer grafis di Indonesia.

 

Rata-rata Gaji Desain Grafis di Indonesia

Perkiraan Gaji Desain Grafis melalui situs lowongan kerja indeed.com



Peluang menjadi seorang desainer grafis masih terbuka lebar, terutama bagi kamu yang masih pemula. Beberapa perusahaan bahkan ada yang berani menawarkan kisaran gaji perbulannya bisa berkisar antara Rp4-6 juta bagi kamu yang masih fresh graduate. Fantastis bukan, Tentu gaji segitu bisa dikatakan besar terutama bagi kamu yang masih dalam tahap mengasah skill.

Berikut ini kisaran gaji pekerjaan desain grafis "Junior Graphic Designer, Creative Designer hingga Senior Graphic Designer". Perlu diingat bahwa kisaran gaji di berbagai kota dan perusahaan tempat kamu bekerja nantinya pasti berbeda-beda. Namun dengan adanya artikel ini semoga kamu bisa mengetahui rata-rata penghasilan seorang desainer grafis di Indonesia.

 

1. Kisaran Gaji Desainer Grafis Junior (Junior Graphic Designer)


Total:

  • Rp 4.159.286/bulan

  • Rp 49.911.434/per tahun


Lihat lowongan pekerjaan

 

2. Kisaran Gaji Desainer Kreatif (Creative Designer)


Total:

  • Rp 4.850.438/bulan

  • Rp 58.205.256/per tahun


Lihat lowongan pekerjaan

 

3. Kisaran Gaji Desainer Grafis Senior (Senior Graphic Designer)


Total:

  • Rp 6.228.137/bulan

  • Rp 74.737.644/per tahun


Lihat lowongan pekerjaan

 

 

A. Desainer Grafis dengan Pengalaman Kerja 1 Tahun


Gaji desainer grafis yang sudah berpengalaman tentu saja berbeda dengan yang fresh graduate. Peluang untuk mendapatkan bayaran yang lebih besar sangat memungkinkan karena perusahaan dapat melihat kinerja dari tempat atau perusahaan di tempat kamu bekerja sebelumnya. Dengan pengalaman kerja minimal satu tahun saja, kisaran gajinya bisa berkisar antara Rp8-12 juta per bulan. Sungguh menggiurkan bukan? Bahkan jika kamu terus mengasah skill, kamu bisa memperoleh gaji di atas kisaran tersebut.

Jika masih ingin mendapatkan pendapatan dari tempat lain, kamu perlu menjadi freelancer. Kamu pun dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa harus pergi ke kantor karena kebanyakan freelance dapat dikerjakan di rumah. Desainer grafis dengan jam terbang yang tinggi akan mendapatkan bayaran yang tinggi pula.

 

B. Rata-Rata Gaji dengan Pengalaman Kerja Lebih dari 1 Tahun


Penghasilan yang kamu dapat ketika bergelut di bidang desain grafis sangat bergantung pada seberapa tinggi jam terbang dan berapa lama pengalamanmu dalam bekerja. Gaji seorang desainer grafis tentu bervariasi tergantung setiap perusahaan. Beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaji desainer grafis biasanya meliputi, tingkat pendidikan, pengalaman kerja, kondisi perusahaan, juga negosiasi.

Kamu yang telah memiliki pengalaman kerja lebih dari 1 tahun, kemungkinan akan mendapatkan gaji dengan angka yang terbilang besar. Perusahaan besar juga ada yang menawarkan gaji sebesar dengan kisaran Rp9 juta per bulan, salah satunya PT Hewlett Packard Indonesia. Pekerjaannya yang kompleks dan membutuhkan waktu serta ketelitian yang tinggi membuat seorang desainer grafis patut mendapatkan gaji yang besar pula.

Meski begitu, tak sedikit juga dari perusahaan yang menawarkan gaji di bawah standard. Sebelum masuk ke perusahaan, akan lebih baik bagi kamu untuk mencari tahu lebih dalam terkait track record perusahaan yang kamu lamar dan mengecek informasi terkait gaji. Jika kamu sudah terlanjur bekerja di perusahaan dengan pendapatan di bawah standar, dapat menyiasatinya dengan mencari pendapatan di luar seperti freelance. Namun, akan butuh waktu dan tenaga yang ekstra.

 

Sumber Refrensi:

  • http://neuvoo.com/

  • https://id.indeed.com/

  • https://idseducation.com/



Sekian artikel tentang kisaran gaji desain grafis di indonesia, semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kamu yang sedang belajar ilmu desain. Sebagai penulis saya memohon maaf apabila masih ada kekurangan kata dan informasi yang tidak akurat. Selebihnya saya hanya memberikan refrensi yang menginspirasi.

Salam, Anti Warisan
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

18 komentar

  1. Mantap bangg. Saya sekarang jadi tertarik buat belajar design😁

    BalasHapus
  2. Kalau gaji admin berapa? hehe nanya

    BalasHapus
  3. Lumayan juga ya bang, jadi pengen ikutan beljar desain grafis

    BalasHapus
  4. Ada loker kagak min? bosen nganggur nih

    BalasHapus
  5. Min mau tanya dong leptop asus yg bagus buat desain grafis ,?makasih min

    BalasHapus
  6. Saat ini gak ada gan maaf.. hehhe

    BalasHapus
  7. bisa gan, asus rog bagus malahan :)

    BalasHapus
  8. Bang apa bener kuliah dkv itu butuh keluar duit bnyak buat peralatan” yg dibutuhin trs klo kerja ngambilnya apa ? Dijawab y bang hehe

    BalasHapus
  9. Halo kak, kalo untuk biaya kuliah relatif harganya di setiap kampus berbeda-beda. Nah, jika sudah masuk dunia kerja, bisa menjadi desain grafis, desain UI/UX, dll.

    BalasHapus
  10. Banyak banyakin yang seperti ini mas, biar pengunjung bisa ikut merasakan soul freelancenya

    BalasHapus
  11. Design grafis itu gimana kak ? Ak orangny suka banget bikin poster tp lebih ke ngehias poster pakai pita dll . Dan ak suka gambar bintang dll . Biar bagus . Tp ak gtw ak harus gimana pengen y di design tp menurut ak design itu susah karena harus pinter gambar ? Ak gak pinter gambar banget masih standar b aja . Gimana kak ? Mauny design Yg mmg sesuai tipe ak contoh ak orangny sering jadi ketua kelompok ppkn , protokol , berani sih kalo buat presentasi tp jangan di ganggu , dan ak suka poster dalam hal hias pakai pita dll . Kenapa ak lebih poster buat ke hias pita tambahin karena menurut ak itu biar bagus . Dan

    BalasHapus
  12. anak desain kalau di kantor jadi anak vector wkwkwk

    BalasHapus
  13. MANTAPPP... salam kenal, dari medan

    BalasHapus
  14. Untuk saat ini masih jalan dua2nya antara kerja (perusahaan) sama freelance,, daannn... Butuh bngett tenaga yang luarrr biasa lebih, capeekkk bgt.. plg krja bkan istirahat tp lngsung ngedep laptop lg, di tmbah harus ngurus anak pula, tp yaahh Alhamdulillah msih mncukupi lah buat dapur, semoga kedepan bisa sperti abang nih, full kerja freelance dirumah spya lbih ada waktu buat keluarga... Aamiin.

    BalasHapus

Kritik dan saran Anda akan sangat membantu demi perkembangan ilmu internet lebih baik. Terima Kasih.

Ads Single Post 4