24 C
id

5 Aplikasi Zoom Meeting Online Terbaik (Update 2021)

 

Aplikasi Zoom Meeting


Pengertian Aplikasi Zoom Cloud Meeting?

Zoom Cloud Metting adalah aplikasi yang dapat melakukan konferensi jarak jauh yang menggabungkan konferensi video, rapat online, obrolan, kolaborasi sel. Aplikasi ini banyak digunakan sebagai media jarak jauh. Mulai dari sekolah, kampus-kampus hingga instansi pemerintahan.


Aplikasi "Zoom Cloud Meeting" merupakan salah satu aplikasi telekonferensi dari opsi jarak jauh yang ditawarkan oleh Google. Popularitas Zoom melesat sejak berbagai negara di dunia memberlakukan pembatasan, akibat pandemi virus corona.

Namun ada kalanya kita ingin mengetahui aplikasi apa saja untuk meeting online yang aman selain aplikasi zoom, tetapi memiliki karakteristik yang kurang lebih sama. Berikut rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan meeting online atau telekonferensi, selain aplikasi zoom!

 

5 Alternatif Aplikasi Zoom Meeting Online, (Update Terbaru 2021)


1. Google Hangouts

Google Hangouts


Aplikasi percakapan online aman pertama yang saya rekomendasikan adalah "Hagouts". Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Google dan kabarnya mampu membuat panggilan video dengan 250 pengguna sekaligus dalam panggilan video.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur Google, seperti yang dapat ditampilkan secara otomatis dengan teknologi teks ke SPEEC dan kalender rapat yang terintegrasi dengan Kalender Google.

Jika Anda ingin mengundang orang lain untuk bergabung dengan anggota eksternal video, penyelenggara percakapan video cukup berbagi meeting code ke orang lain dan orang tersebut dapat memasuki rapat dengan memasukkan meeting code yang telah diberikan.

 

2. WhatsApp Messenger

WhatsApp Messenger


"Whatsapp" merupakan aplikasi perpesanan online yang cukup populer. Yang mana anda tidak akan membutuhkan pulsa untuk menggunakannya, melainkan berdasarkan penggunaan kuota internet.

Selain digunakan untuk mengirim pesan dan menerima pesan berupa teks, foto, file, gambar, dan audio, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk rapat kerja atau diskusi jarak jauh melalui fitur video call.

Anda dapat menggunakan fitur panggilan video ini dengan kapasitas maksimum 4 orang. Terlebih aplikasi ini cukup aman untuk perihal privasi, karena hanya pengguna yang telah ditambahkan saja yang dapat berkomunikasi.

 

3. Skype

Skype


"Skype" merupakan aplikasi obrolan milik Microsoft yang dapat menampung 10-50 pengguna untuk berkomunikasi tatap muka online dalam satu panggilan. Skype bisa kamu akses melalui berbagai perangkat, termasuk komputer (PC atau laptop), smartphone, hingga televisi yang memiliki fasilitas pendukung.

Selain dapat membuat panggilan video jarak jauh, Skype juga menyediakan media percakapan berbasis teks individu dan grup. Skype juga mendukung layanan panggilan suara berbayar ke nomor ponsel dan telepon rumah.

Salah satu kekurangan Skype adalah aplikasi meeting online ini tergolong cukup berat, sehingga mungkin membutuhkan spesifikasi perangkat yang baik dan jaringan internet yang stabil.

 

4. Google Meet

Google Meet


Aplikasi zoom meeting terbaik selanjutnya adalah "Google Meet" yang merupakan salah satu aplikasi google terbaik untuk komunikasi dan membangun meeting online anda. Kabarnya aplikasi ini mampu menampung pengguna hingga 250 pengguna sekaligus dalam panggilan video .

Google Meet bisa kamu gunakan juga melalui berbagai platform, seperti smartphone, komputer dan laptop, atau langsung melalui browser Google Chrome. Aplikasi ini memiliki beragam fitur seperti teknologi text-to-speech (TTS) hingga jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar.

Kamu bisa bergabung dengan meeting yang diadakan pada Google Meet secara gratis. Namun, kamu mesti berlangganan G Suite untuk menjadi host dalam layanan ini!

 

5. Cisco Webex

Cisco Webex


Aplikasi berbasis panggilan video ini memiliki jumlah pengguna maksimum panggilan 100. Tetapi jumlah ini bervariasi sesuai dengan paket berlangganan yang digunakan.

Kelebihan aplikasi "Cisco WebEx" meliputi rekam layar, dukungan Google Assistant dan Google Home Hub, menampilkan papan virtual untuk menggambar, mengunggah dokumen, hingga percakapan video.

Mungkin agak asing bagi kita semua, namun aplikasi Cisco Webex sebenarnya sudah banyak digunakan oleh para perusahaan besar dari seluruh dunia. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan melalui berbagai platform seperti komputer, smartphone berbasis Android dan iOS.

 

Sekian artikel tips 5 aplikasi zoom meeting online terbaik dan lebih aman yang bisa saya sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang alternatif aplikasi zoom untuk meeting online kamu.

Kalau kamu memiliki saran dan kritik terkait postingan saya kali ini, silahkan berkomentar melalui kolom komentar dibawah ya!

Jangan lupa untuk menyimak artikel tips terbaru lainnya hanya disini ya guys!
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4