Pengertian Desain Grafis, Beserta Dengan Proses Pembuatannya

Halo teman-teman, tahukah kamu tentang pengertian dan makna desain grafis? Pasti menurut kalian desain grafis itu sebuah karya "kartun dan editan gambar" sejenis lainnnya. Mungkin juga ada dari kalian yang tidak mengerti sama sekali apa itu definisi mengenai Desain Grafis secara luasnya.


Nah, dikesempatan yang berbahagia ini saya akan membagikan pengertian sebenarnya tentang apa itu desain grafis dan proses-proses pembuatannya sebelum menjadi sebuah karya. Tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

 

Apa Itu Desain Grafis?

Pengertian Desain Grafis



Pengertian, Desain Grafis adalah sebuah bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media penyampaian informasi. Saat ini, desain grafis menjadi sebuah kebutuhan peting bagi perusahaan digital dan menunjang perkonomian dunia.

Desain grafis sendiri diklasifikasikan menjadi "Desain Grafis untuk Percetakan" dan "Desain Grafis Multimedia dan Web". Masing-masing mempunyai peran tersediri dalam pemanfaatan media desain.

Teknik penguasaannya mencakup keterampilan visual termasuk di dalamnya seperti Tipografi, Ilustrasi, Pengelohan Gambar, dan Tata Letak. Orang yang bekerja dalam bidang ini disebut Desainer Grafis.

 

Prinsip-Prinsip Dalam Desain Grafis


Prinsip dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.

Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

 

Tahap-Tahapan Membuat Karya Desain Grafis?


Untuk membuat sebauh karya Desain Grafis diperlukan proses yang dimulai dari konsep hingga produksi. Untuk mulai menciptakan karya grafis, terdapat berbagai macam software desain grafis yang cocok untuk seorang pemula hingga profesional. Secara umum proses Desain Grafis adalah sebagai berikut:

Proses dan Persiapan Membuat Karya Desain Grafis yang harus diketahui desainer pemula.

 

1. KONSEP

Adalah hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segment / audience yang dituju. Konsep bisa didapatkan dari pihak non-grafis, antara lain: ekonomi, politik, hukum, budaya dll yang ingin menterjemahkan ke dalam bentuk visual. Oleh karena itu desain grafis menjadi desain komunikasi visual karena dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

2. MEDIA

Untuk mencapai kriteria kesasaran / segment yang dituju, diperlukan studi kelayakan media yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektronik, luar ruang dll.

 

3. IDE / GAGASAN

Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, literatur, wawasan yang luas, diskusi, wawancara dll agar desain bisa efektif diterima audience dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

 

4. PERSIAPAN DATA

Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus dipilah dan diseleksi. Apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estetis.

 

5. VISUALISASI

Desain yang menekankan fungsi tanpa keindahan / estetika, akan tidak menarik sehingga tidak komunikatif. Dan adapun faktor-faktor yang membuat desain menjadi menarik secara visual, antara lain:

 

6. PRODUKSI

Setelah melalui proses pembuatan konsep hingga visualilasi langkah terakhir ialah memproduksinya. Untuk penerapan proses produksinya bisa pada media yang sudah ditentukan sebelumnya. Atau bisa juga untuk dipublikasikan secara massal.

A. Produksi untuk Percetakan
Setelah desain selesai, maka desain sebaiknya lebih dahulu di proofing (print preview sebelum cetak mesin). Jika warna dan komponen grafis lain tidak ada kesalahan, maka desain siap untuk dicetak dan diperbanyak.

B. Produksi untuk Multimedia dan Web
Setelah desain selesai untuk Multimedia dan Web maka sebaiknya dilakukan testing (uji coba), dan jika tidak ada masalah maka desain multimedia dan web siap untuk dipublikasikan.

 

Video Edukasi Tentang Pengertian Desain Grafis


Demikian penjelasan singkat tentang pengertian desain grafis serta proses pembuatannya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam pemanfaatan media secara maksimal. Mohon maaf apabila masih terdapat penulisan kata dan informasi yang kurang akurat, selebihnya saya hanya merefrensikan saja pengetahuan secara umum.