24 C
id

Macam-Macam Peluang Kerja di Bidang Desain Grafis

Peluang Kerja Desain Grafis


Perkembangan teknologi dan informasi tidak lepas dengan adanya peran penting dari kemajuan para desainer desain grafis. Dijaman sekarang kebutuhan desain grafis menjadi semakin diminati oleh semua kalangan, anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini sejalan dengan perkembangan komunikasi yang cenderung visual dari pada audio atau tekstual.


Desain Grafis, sendiri merupakan sebuah bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media penyampaian informasi. Saat ini, desain grafis menjadi sebuah kebutuhan peting bagi perusahaan digital dan menunjang perkonomian dunia.

Teknik penguasaannya mencakup keterampilan visual termasuk di dalamnya seperti Tipografi, Ilustrasi, Pengelohan Gambar, dan Tata Letak. Orang yang bekerja dalam bidang ini disebut Desainer Grafis.

Peran desain grafis begitu penting di era globalilasi ini dan mempunyai banyak prospek kerja yang sangat menguntungkan. Jika anda mempunyai bakat dalam teknik desain grafis/lulusan desain grafis, perusahaan-perusahaan multimedia dan pengembangan web sangat menantikan anda.

Berdasarkan informasi yang saya himpun dari website mamikos.com rupanya beberapa prospek kerja lulusan desain juga mampu membuat kamu berpenghasilan tinggi lho. Benarkah demikian? Tentu saja jika kamu ingin lebih tahu mengenai prospek kerja lulusan desain grafis, interior, produk dan fashion berikut ini.

 

Daftar Peluang Kerja Desain Grafis Interior, Produk dan Fashion!


1. Desain Grafis (Graphic Designer)

Sumber: https://www.freepik.com/


Graphic designer merupakan Bidang pekerjaan yang ada di sebagian besar perusahaan industri kreatif yang sedang berkembang akhir-akhir ini. Baik itu bidang agensi periklanan, perfilman, ataupun di perusahaan video games. Bidang pekerjaan ini bertugas untuk membuat desain grafis demi keperluan klien dan perusahaan yang membutuhkan.

Tidak jarang juga seorang graphic designer akan memiliki tugas untuk typesetting dan membuat ilustrasi. Adapun tugas pekerjaan misalnya sebagai spesialis desain logo, desain kaos, marchandise, berbagai media publikasi/iklan seperti, baliho, katalog, brosur, poster, kartu nama dan lain sebagainya. Untuk perkiraan salarynya berada di angka 3 juta keatas per bulan tergantung masa kerja atau jam terbangnya.

 

2. Desain Web (Web Designer)

Sumber: https://www.freepik.com


Web Designer merupakan istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web.

Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server. Sebuah website dapat berupa sekumpulan teks, gambar, suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif ataupun statis.

Sebagai seorang lulusan Desain Grafis, maka prospek kerja yang bisa kamu lirik adalah seorang Web Desainer atau Desainer Web. Sebab ilmu yang kamu dapatkan semasa kuliah sangat menunjang karir pada profesi web designer ini. Sebagai seorang web designer, kamu akan bekerja membuat sebuah website perusahaan atau klien yang membayar jasa kamu.

Cakupan kerja yang akan kamu lakukan yaitu membuat web mulai dari desain visual hingga isi konten yang ada dalam website tersebut. Dengan bekal ilmu yang kamu dapat semasa kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual, tentunya kamu bisa membuat website yang menarik dan mampu mendatangkan para konsumen pengguna. Rata-rata gaji yang bisa kamu dapatkan mulai dari 4 jutaan ke atas lho untuk level profesional.

 

3. Creative Director

Sumber: https://www.freepik.com


Creative Director adalah peluang kerja desain grafis yang menjadi sebuah bagian penting dalam beberapa industri kreatif. Sebab tugasnya adalah harus mengonsep sekreatif mungkin sebuah proyek atau proyek tertentu. Contohnya di dunia pertelevisian. Tugas seorang creative director akan berperan sebagai pengarah konsep kreatif program televisi tersebut.

Sedangkan di bidang periklanan, maka dia akan berperan menjadi pengarah konsep iklan sesuai permintaan klien. Bagi lulusan Desain Komunikasi Visual yang bekerja di posisi ini akan memiliki banyak keunggulan dibanding mereka dari latar belakang berbeda. Untuk perkiraan gajinya berbeda-beda mulai dari 3,5 juta hingga 7 juta untuk yang sudah memiliki jam terbang.

 

4. Art Director

Sumber: https://www.freepik.com


Art Director merupakan salah satu peluang kerja bidang yang membutuhkan jasa desain grafis pekerjaan ini memiliki tugas penting untuk membuat konsep atau ide dan juga strategi pemasaran, seperti pada bidang periklanan atau yang disebut dengan advertising. Disamping itu seorang Art Director akan bertanggung jawab untuk menerjemahkan teks dari copywriter ke dalam bentuk visual.

Dengan demikian, maka tampilan visual dari konsep suatu iklan akan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien. Pekerjaan ini sangat cocok bagi lulusan Desain Komunikasi Visual yang menyukai tantangan. Sebab dia akan mampu menerjemahkan secara tepat kebutuhan tampilan visual suatu iklan dari seorang copywriter.

Penghasilan seorang Art Director bahkan bisa dibilang fantastis lho jika diseriusi dan jam terbangnya sudah tinggi. Bisa sampai dua digit.

 

5. Illustrator

Sumber: https://www.freepik.com


Menjadi seorang ilustrator juga merupakan pekerjaan paling dicari akhir-akhir ini selain desain grafis. Menjadi seorang lulusan Desain Komunikasi Visual tentunya bukan hal yang mengagetkan jika dilirik juga untuk menjadi seorang illustrator. Sebab dalam jurusan ini memang mengajarkan mengenai elemen dasar desain visual, seperti menggambar sketsa, baik menggunakan alat tulis atau komputer.

Maka sebagai seorang illustrator, kamu akan berkecimpung dengan pembuatan gambar untuk berbagai keperluan, seperti untuk storyboard, iklan, dan lain sebagainya. Tentu saja lini pekerjaan ini ada di beberapa jenis perusahaan industri kreatif. Contohnya penerbitan, biro agensi iklan, production house, dan lain sebagainya.

Seorang ilustrator juga memegang peranan yang amat penting di era industri ini. Dengan bantuan seorang ilustrator, maka sebuah perusahaan akan dipermudah dalam melihat rancangan berupa ilustrasi. Setidaknya kamu yang berkecimpung dalam pekerjaan ini akan meraih pendapatan yang lumayan besar. Yakni sekitar 4,5 juta per bulan.

 

6. Animator

Sumber: https://ngonoo.com


Lulusan Desain Komunikasi Visual jaman sekarang ini juga banyak yang berkarir menjadi seorang animator. Ada banyak kartun yang menjamur sehingga peluang besar bagi para animator untuk berkarya pun semakin terbuka lebar. Apalagi kartun merupakan tontonan yang disaksikan dan diminati oleh banyak orang utamanya anak-anak dan remaja.

Profesi sebagai seorang animator juga menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji yang lumayan tinggi. Semakin populer animasi yang dibuat pastinya bayaran pun semakin tinggi juga. Apalagi jika perhitungannya dilakukan per-detik. Paling tidak kamu akan meraih sekitar empat juta hingga lebih per bulannya.

 

7. Fotografer

Sumber: https://freepik.com


Tidak sedikit bagi lulusan DKV atau Desain Komunikasi Visual yang memang memiliki dan mengasah bakat tambahan di bidang fotografi. Maka, menjadi seorang fotografer adalah pilihan tepat untuk bisa dicoba oleh para lulusan DKV ini. Kamu dapat mengedit maupun memperindah hasil jepretan kamu tadi dengan ilmu yang didapatkan selama kuliah. Sebut saja pada software seperti lightroom, photoshop dll.

Gaji yang bisa kamu peroleh apabila menggeluti bidang ini sekitar empat juta per projek bahkan bisa lebih. Selain itu, kamu juga bisa menjual hasil jepretan foto indahmu ke berbagai microstock. Nah disitu kamu akan dibayar dengan nilai dolar yang lebih tinggi. Bagaimana? Tertarik menjadi seorang fotografer?

 

8. Videografer

Sumber: https://freepik.com


Selain berkerja di bidang fotografer, pekerjaan sebagai videographer juga banyak digandrungi lulusan DKV. Videografi merupakan sebuah teknik pendokumentasian momen yang menghasilkan gambar dan suara. Orang-orang yang memproduksi video inilah yang disebut videografer. Pekerjaan sebagai videografer saat ini sedang digandrungi dan menjadi trend oleh banyak anak muda.

Seperti pada fenomena hadirnya kanal YouTube, maka ada semakin banyak juga orang yang i orang-orang berlomba menghasilkan video dengan kualitas baik. Baik secara kualitas dan kuantitas visual maupun kontennya. Pekerjaan seperti ini juga laris sangat dibutuhkan di industri hiburan, perfilman, periklanan, dan media. Untuk pendapatan per bulan juga relatif besar yakni berkisar dari 3,5 juta hingga 10 juta per bulannya.

 

9. Komikus

Komikus Indonesia "Nurfadli Mursyid, Sosok Dibalik Komik Humor Tahilalats


Ruang lingkup pekerjaan komikus pada dasarnya yakni melakukan perkembangan komik menjadi bentuk digital ilustrasi. Selepas kuliah DKV, kamu dapat membuat komik dengan rangkaian gambar yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah cerita.

Biasanya hasil gambar tersebut akan dimasukkan ke dalam beberapa kotak panel yang dilengkapi dengan balon teks. Jika kamu gemar membaca dan menggambar komik, maka pekerjaan sebagai komikus merupakan sebuah pilihan yang tepat.

Saat ini, perkembangan industri komik di Indonesia cukup pesat dan menjamur di berbagai media. Peralihan dari komik cetak ke komik digital pun mulai terasa, akibat banyak munculnya platform komik web baru. Untuk bayarannya pun bervariasi tergantung kepopuleran komik ciptaan kamu itu.

Kalau kamu anak desain grafis yang suka menggambar karakter-karakter unik, profesi sebagai komikus bisa kamu jajal sebagai karier utamamu.

Soalnya, industri satu ini kini sedang naik-naiknya. Hal ini bisa kamu lihat dari banyaknya rilisan buku komik seperti SI Juki karya Faza Meonk atau Rixa karya komikus Haryadhi.

Tak hanya buku komik, beberapa situs khusus pun bermunculan guna menjadi wadah para komikus berbakat. Webtoon dan Ciayo adalah dua situs di antaranya. Di dua situs tersebut, tercatat hampir ratusan komik yang diterbitkan oleh berbagai komikus berbakat di seluruh Indonesia.

Selain harus jago membuat karakter komik yang khas, kamu juga harus bisa membuat cerita yang menarik jika ingin komikmu sukses nanti. Tak lupa, promosikan juga komik karyamu ke teman-teman terdekat agar mereka tahu seperti apa komik buatanmu.

 

10. Visual Designer di Penerbitan dan Percetakan

Peluang kerja di bidang desain grafis, penerbitan dan percetakan


Saat kamu menjadi seorang lulusan desain komunikasi visual, maka kamu juga bisa melirik prospek kerja satu ini. Sebab menjadi seorang visual designer ternyata sangat dibutuhkan dalam dunia industri penerbitan dan percetakan. Sebab di kedua industri ini, kamu akan berperan untuk menggarap produk-produk yang ada di penerbitan atau percetakan tersebut.

Disamping itu, dalam dunia industri percetakan seorang visual designer juga dapat bertugas sebagai pemegang kontrol kualitas hasil cetakan. Untuk perkiraan salary atau pendapatan seorang visual designer di perusahaan penerbitan dan percetakan mulai dari 3 jutaan ke atas.

 

11. Periklanan/Advertising Designer

Peluang kerja dibidang desain grafis pada perusahaan periklanan


Prospek kerja lulusan desain berikutnya terutama di bidang Desain Fashion adalah menjalani karir di periklanan. Bidang ini juga berhubungan erat dengan ilmu fashion marketing. Profesi ini akan menggunakan kreativitas mereka untuk mempromosikan berbagai produk fashion dari berbagai perusahaan.

Pendapatan dan Prospek Kerja Lulusan Jurusan Desain Periklanan juga tak kalah menggiurkan lho. Berkisar dari empat juta hingga sepuluh jutaan jika kualitas iklan yang kamu hasilkan berkualitas.

 

12. Fashion Designer

Peluang kerja desain grafis sebagai fashion designer 



Prospek kerja sebagai di bidang Fashion peluang jika anda lulusan desain grafis. Contohnya sebagai Jurnalis Fashion, Production & Management, Marketing & PR, Merchandising & Fashion Buying, Designer Fashion. Masing-masing akan lebih mengarah kepada bidang teknik sendiri dan saling membutuhkan.

Sebab memang berhubungan dengan teknologi untuk membantu bidang fashion. Pekerjaannya bisa dimulai dari membuat software, atau teknologi yang bermanfaat bagi bidang fashion, menguji coba teknologi tersebut atau memberikan konsultasi.

Mereka akan merancang dan menjual produk mereka sendiri, baik itu membuat rancangan dan baju untuk kalangan eksklusif, ataupun membuat perusahaan garmen. Tentunya kamu mengenal nama-nama desainer yang sudah mendunia dan merancang busana para artis Internasional. Jika kamu ingin mengikuti jejak mereka, maka kamu bisa memilih karir satu ini.

 

13. Freelance Designer

Peluang kerja di bidang desain grafis sebagai freelance


Untuk kamu yang tidak suka terikat pada satu perusahaan saja dan jam kerja mereka, maka kamu bisa memilih menjadi seorang freelancer designer. Tidak jarang juga dari mereka yang lulus dari jurusan desain komunikasi visual lebih memilih sebagai desainer lepas atau freelance designer karena jam kerjanya yang fleksibel.

Sekarang ada banyak perusahaan lebih memilih menggunakan jasa freelance designer untuk proyeknya lantaran untuk meminimal pengeluaran budget perusahaan. Faktanya jika perusahaan menggunakan jasa freelance designer tercatat biaya operasional yang dikeluarkan lebih jauh lebih murah.

Meski begitu, menjadi seorang freelance designer bukan berarti akan mendapatkan bayaran murah. Justru karena dia bergerak secara individu maka bayarannya bisa melebihi gaji satu orang desainer pada perusahaan periklanan. Menarik bukan. Kamu bisa mencari link proyek di Sribulancer, Project.id dan lainnya.

 

Prospek Pekerjaan di Bidang Desain Grafis lainnya

Peluang kerja di bidang desain grafis terbaru dan menguntungkan lainnya


Sebagai lulusan desain grafis kalian juga berpeluang berkarir di Perusahaan, Artsitek, Berwirausaha, Pegawai Negeri Sipil, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Penulis, Visual Merchandiser, Young Designer, Konsultan hingga menjadi seorang Pengajar. Khususnya untuk kalian yang ahli pada bidangnya masing-masing.

Perolehan gaji yang didapatkan akan mengikuti universitas atau tempat kamu mengajar. Bisa juga bergantung pada SK yang sudah kamu miliki. Untuk standar dosen, setidaknya kamu akan mendapatkan gaji 5 jutaan perbulan.

Selain berbagai macam contoh prospek pekerjaan di bidang grafis yang sangat menjanjikan diatas. Masih banyak peluang pekerjaan baru yang nantinya akan terbuka kedepannya.

 

Sekian artikel tentang macam-macam peluang kerja desain grafis yang sangat menjanjikan. Gimana apakah kamu tertarik untuk mempelajari desain grafis? Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam pemanfaatan teknologi dengan baik.

Salam, Anti Warisan


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

10 komentar

  1. Apa semua itu dapat di jamin?
    Saya masih awam soal dunia seni dan dunia teknologi!!

    Kira² bagaimana kunci kesuksesan nya agar saya dapat menjadi seorang desainer grafis yang hebat dan terkenal!!!

    BalasHapus
  2. Belajar, latihan, tekun, ulet, konsisten

    BalasHapus
  3. Tambahkan, Hotel. Desainer Grafis juga dibutuhkan di dunia perhotelan dengan gaji yang memadai

    BalasHapus
  4. Apalah dayaku yg hanya bisa editing di android😅

    BalasHapus
  5. wah info yg sangat bermanfaat sekali mas

    BalasHapus
  6. Klo jual desain caranya gimana, trus proses dpt uangnya gimana caranya?

    BalasHapus
  7. Thanks info ny kak, makin semangat bljar nya.. makin semangat kerja dehh😁

    BalasHapus
  8. Kamu bisa menjualnya melalui Fiverr atau kalau kamu ahli dalam bidang grafis,bisa kunjungi Project.co.id untuk menawarkan jasa anda!

    BalasHapus
  9. Tenang gan, lewat android kamu juga bisa membuat karya desain grafis. Contoh aplikasi android yang support untuk itu PicsArt & Builder3D!
    Selamat belajar

    BalasHapus
  10. baik gan, makasih atas masukannya kedepan akan saya perbaharui lagi peluang kerja terbaru di bidang desain grafis nya.

    BalasHapus

Kritik dan saran Anda akan sangat membantu demi perkembangan ilmu internet lebih baik. Terima Kasih.

Ads Single Post 4