24 C
id

Cara Memasang Paving Block Berbentuk Segi 6 (Hexagon) Yang Benar!

Cara memasang "Paving Block" bentuk segi 6 yang benar - Memiliki halaman yang luas merupakan salah satu desain halaman rumah indaman bagi setiap keluarga.


Fungsi halaman pada umumnya adalah sebagai lumbung hidup dan warung hidup yang dikelola oleh semua anggota keluarga dan memperindah / mempercantik pandangan rumah anda.


Apabila anda memiliki pekarangan yang luas tersisa dan kurang terawat, banyak rumput liar yang rimbun. Ada baiknya anda mem-paving halaman tersebut untuk menambah fungsi lahan sebagai tempat parkir, taman bermain anak dan sebagainya.


Paving Block menjadi alternatif bagi anda yang ingin merapikan lahan yang masih bermedia tanah. Apa saja manfaat memakai paving block? Berikut informasi lengkapnya tentang keunggulan menggunakan paving block!


Proses pemasangan paving block oleh tukang profesional dalam bidangnya



Kelebihan Menggunakan Paving Block


1. Pemasangannya Yang Mudah & Cepat!


Memasang "paving block" sangat mudah, kita hanya perlu menyusun satu persatu batu paving untuk menyatukan setiap sudutnya.


Jika anda belum ahli memasang paving ada baiknya anda menyewa tukang yang profesional dalam bidang ini, namun tidak menutup kemungkinan semua orang bisa melakukannya.


Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara pemasangan nya yang baik, agar paving lebih rapi dan tidak bergelombang.


2. Perawatannya Yang Mudah

Dibanding jenis penutup dan pengerasan tanah lainnya, paving block juga sangat mudah perawatannya. Saat kondisinya kotor karena tanah atau noda lainnya, Anda hanya perlu menyikatnya dengan sabun colek dan air bersih.


Namun, jika sudah terlanjur berlumut, Anda dapat membersihkannya dengan cara menyemprotkan cairan fungisida. Atau bisa juga membasahinya dengan taburan semen bubuk.


Tapi, bila ingin menghemat biaya, cukup dengan menggunakan kapur bangunan, lalu tebarkan di atas paving block yang sudah dibasahi air. Lakukan cara ini disaat matahari terik.


3. Memiliki Daya Serap Yang Baik

Meski kelihatannya pemasangan paving block dibuat terkunci, akan tetapi pelapis tanah ini memiliki daya serap air yang baik. Tak ayal keseimbangan air tanah tetap terjaga sehingga mampu menopang beban diatasnya.


Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan paving block sebagai material carport yakni menjamin ketersediaan air tanah bersih, agar bisa dibor atau dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.


Selain itu karena bobotnya lebih ringan dibanding beton atau aspal, maka paving block dapat menjadi satu penopang utama agar pondasi bangunan khususnya rumah tetap stabil.


4. Mudah Diganti Jika Rusak

Tidak ada bahan bangunan yang bisa bertahan sempurna lebih dari lima tahun, begitupun dengan paving block. Saat terjadi kerusakan atau cacat berat, material bangunan ini sangat mudah untuk diganti.


Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengangkat bagian yang rusak, lalu ganti dengan yang baru.


Oleh karena itu, saat memutuskan menggunakan bahan bangunan ini sebagai lantai teras, sebaiknya simpan dua atau tiga paving block sebagai cadangan.



Langkah-langkah Memasang Paving Block

1. Pengukuran & Penimbangan Benang



Proses pengukuran benang biasanya dilakukan sebelum memasang paving block untuk menentukan luas dan timbangan benang halaman yang akan di paving.


Tujuannya agar halaman yang dibuat presisi dan terlihat rapi ketika selesai dikerjakan. Hasil yang bagus bisa ditentukan melalui proses pengukuran benang terlebih dahulu.


Peralatan yang dibutuhkan dalam proses ini adalah water pass, selang timbang dan tali benang bangunan. Sebagai salah satu dasar penentuan level conblock anda dapat menggunakan kanstin beton.



2. Penebaran & Perataan Alas



Setelah proses pengukuran selanjutnya kita harus menebarkan Alas yang nantinya digunakan sebagai Alas pondasi sebelum penempatan paving block.


Gunakan Alas yang padat dan kuat seperti "Pasir" atau " Padas Halus" untuk membuat pondasi awal menjadi lebih rata dan tidak bergelombang.



3. Pemasangan "Paving Block"



Jika Alas pondasi yang kamu buat sudah rata dan tidak bergelombang selanjutnya anda bisa melanjutkan ke proses pemasangan paving block.


Peralatan yang digunakan untuk memasang paving block adalah palu karet/plastik guna untuk merapatkan susunan paving.


Pasang dan susun paving dengan cara maju kedepan serta tentukan bentuk, model ketebalan ukuran paving block yang akan dipasang.



4. Penutupan Naat/Celah



Langkah terakhir yang harus dilakukan setelah proses pemasangan paving block ialah penutupan naat/celah naat paving dan pemadatan menggunakan stamper kodok/baby roller.


Pengisian celah naat dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa sekopsekop atau sapu lidi. Caranya dengan melakukan sapuan ke celah-celah (rongga) naat antar susunan paving.


Tujuannya supaya paving block yang terpasang tidak goyang & terkunci. Lakukan dengan seksama hingga tidak ditemukan lagi rongga yang tersisa.



Video Tutorial Pasang "Paving Block" Bentuk Segi Enam!


 

Sekian artikel tentang "cara memasang paving block bentuk segi 6 yang baik & benar". Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam mengelola halaman rumah.


Jika anda mempunyai kritik dan saran terkait untuk postingan kali ini, silahkan tulisakan komentarmu melalui kolom komentar yang disediakan dibawah ya! Salam, Anti Warisan

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4