24 C
id

29 Software Pembuat Model 3D Terbaik & Terpopuler

Sotware Modeling 3D - Mempelajari dunia desain grafis tidak semudah seperti kamu menikmati karya mereka. Banyak proses yang dilalui untuk membuat sebuah karya digital khususnya model 3D. Bagi kamu yang mau belajar dibutuhkan imajinasi yang baik dan pemahaman akan penggunaan software atau aplikasi Modeling 3D.

Selayaknya seorang desainer membuat desain 3D membutuhkan kemahiran dalam menggambar desain yang ingin dibuat. Jika kamu seorang pemula pastinya harus belajar tools apa saja yang digunakan untuk membuat object 3D. Untuk itulah kami akan memberikan beberapa rekomendasi software Modeling 3D yang mudah dipelajari dari yang gratis sampai berbayar.

Beberapa software dibawah dipakai dalam industri seperti animasi, game, arsitektur, manufaktur, iterasi produk, dan desain industri, model 3D merupakan komponen penting dari produksi digital. Itulah mengapa memilih perangkat lunak pemodelan 3D yang tepat sangat penting - ini membantu Anda mewujudkan ide kreatif dengan sedikit lebih mudah.

Nah bagi kamu yang tertarik mengusai modeling desain 3D atau membuat film animasi. Berikut saya rekomendasi kan beberapa software yang bisa mendukung dan mewujudkan kreativitas mu!

 

Berikut 29 Software Untuk Belajar Modeling 3D Terbaik & Terpopuler

1. Blender 3D

Blender 3D

Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka menengah hingga profesional untuk membuat film animasi, efek visual, seni, aplikasi interaktif, permainan video, dan model yang dapat dicetak 3D. Berbagai fitur Blender yang memusingkan meliputi pemodelan 3D, tekstur, pengeditan grafik raster, fluida, simulasi partikel dan asap, sculpting, animasi, pemindahan pertandingan, pelacakan kamera, rendering, pengeditan video, dan pengomposisian. Selain itu, perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini dilengkapi mesin permainan terintegrasi.

Blender juga mencakup kemampuan memahat yang mirip dengan Mudbox atau ZBrush. Selain itu, ini menyediakan sejumlah alat dan pengubah yang memudahkan pembuatan mata jaring yang ditujukan untuk pencetakan 3D - termasuk solusi untuk memperbaiki mata jaring yang rusak.

Jelaslah bahwa kekayaan fungsi yang begitu banyak memiliki “harga”: Meskipun perangkat lunak pemodelan 3D ini gratis, namun tidak mudah untuk dikuasai. Blender tidak cocok untuk pemula, tetapi jika Anda tidak dimatikan oleh kurva belajar yang curam dan sedang mencari salah satu perangkat lunak pemodelan 3D gratis terbaik yang merupakan jack-of-all-trade, Anda telah menemukannya.

  • Name: Blender
  • Level: Intermediate
  • OS: Windows, Mac, Linux
  • Price: Free
  • Formats: 3ds, dae, fbx, dxf, obj, x, lwo, svg, ply, stl, vrml, vrml97, x3d
  • Website Resmi: https://www.blender.org/

2. SketchUp

SketchUp

SketchUp dikenal dengan visualisasi dan perencanaan di berbagai industri yang mencakup arsitektur, desain interior, perencanaan kota, teknik, dan konstruksi.

Yang menarik bagi pengguna pertama SketchUp adalah antarmukanya yang rapi dan ramah pemula. Sangat mudah untuk memahami prinsip dasar di balik perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini, sehingga memungkinkan untuk membuat model sederhana yang dapat dicetak 3D dari awal dalam beberapa jam pertama pembelajaran. Ini berkat beberapa alat intuitif yang memungkinkan navigasi dan pemahatan secara akurat.

Yang tidak berarti bahwa SketchUp hanya mampu melakukan pemodelan 3D sederhana. Karena SketchUp mendorong pengguna dan perusahaan pihak ketiga untuk menyumbangkan ekstensi - banyak di antaranya gratis - hampir tidak ada batasan untuk kapabilitas potensinya. Salah satu contohnya adalah Curviloft, menghadirkan SketchUp seperangkat alat yang memungkinkan pemodelan struktur organik yang kompleks.

Versi web-only Sketchup gratis untuk penggunaan pribadi dan bahkan menawarkan ruang penyimpanan cloud 10 GB. Tingkat profesional dan pendidikan berharga hingga $ 1.199 per tahun, tetapi mereka juga menyertakan versi desktop, penyimpanan cloud tak terbatas, dan beragam fitur tambahan.

Selain itu, perangkat lunak pemodelan 3D ini mendukung beberapa ekstensi gratis yang berguna untuk menyiapkan file SketchUp Anda untuk pencetakan 3D:

  • Ekstensi CleanUp3
  • Inspektur Padat2
  • Layanan Perbaikan Model Pencetakan 3D (MakePrintable)
  • CADspan

Kami juga ingin menunjukkan beberapa ekstensi yang menghubungkan perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini ke layanan eksternal. Ini menyediakan fungsionalitas penting seperti membersihkan jerat, mendapatkan perkiraan biaya pencetakan, dan memesan cetakan - ketahuilah bahwa layanan ini mungkin mengharuskan Anda untuk berlangganan bekerja.

SketchUp kuat untuk mendesain visualisasi - ini mungkin dianggap sebagai perangkat lunak pemodelan 3D terbaik untuk pekerjaan itu. Dukungan untuk pencetakan 3D sudah mengesankan dan terus berkembang.
  • Name: SketchUp
  • Level: Beginner
  • OS: Windows and Mac
  • Price: Free
  • Formats: dwg, dxf, 3ds, dae, dem, def, ifc, kmz, stl
  • Website Resmi: https://www.sketchup.com/

3. 3ds Max

3ds Max

3ds Max adalah klasik di antara rangkaian perangkat lunak pemodelan 3D oleh Autodesk. Ini sangat populer di kalangan pengembang video game, seniman efek visual, dan studio visualisasi arsitektur. Simulasi partikel dan cahaya yang canggih, mesin simulasi kain, dan bahasa skripnya sendiri (MAXScript) hanyalah beberapa fitur utama selain kemampuan pemodelan 3D-nya.

Jika itu tidak cukup untuk Anda, 3ds Max hadir dengan arsitektur plugin yang terus menerus diberi makan oleh komunitas pengembang yang dinamis.

Dalam hal pemodelan 3D itu sendiri, 3ds Max mampu membuat objek parametrik dan organik dengan fitur pemodelan berbasis poligon, subdivisi, dan spline. Fitur menarik (untuk desainer khususnya) adalah alat pemodelan berbasis NURBS dalam perangkat lunak pemodelan 3D ini yang memungkinkan mesh yang tepat secara organik dan matematis. Di antara banyak teknik lainnya adalah kemampuan untuk membuat model dari data point cloud.

3ds Max itu adalah salah satu solusi perangkat lunak pemodelan 3D terbaik di luar sana - jika Anda bersedia menghabiskan banyak waktu dengannya.

  • Name: 3ds Max
  • Level: Professional
  • OS: Windows
  • Price: $1,620 per year
  • Formats: stl, 3ds, ai, abc, ase, asm, catproduct, catpart, dem, dwg, dxf, dwf, flt, iges, ipt, jt, nx, obj, prj, prt, rvt, sat, skp, sldprt, sldasm, stp, vrml, w3d xml
  • Website Resmi: https://www.autodesk.com/products/3ds-max/overview
 

4. MakeHuman

MakeHuman

MakeHuman adalah satu-satunya alat pembuatan karakter 3D gratis yang kami tahu. Ini dimulai sebagai plugin untuk Blender dan menjadi aplikasi independen.

Dengan MakeHuman, ini adalah permainan anak-anak untuk menghasilkan file 3D yang menyerupai manusia. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk memanipulasi apa yang disebut "mesh dasar" - file 3D humanoid tanpa gender yang awet muda. Anda dengan cepat menyempurnakan fitur karakter yang khas dan meyakinkan dengan menggeser palang yang diatur dengan cermat (jenis kelamin, wajah, batang tubuh, lengan, dan kaki). Kustomisasinya benar-benar komprehensif; Anda benar-benar dapat memanipulasi karakter Anda sampai ke ujung rambut.

Setelah model Anda jadi, Anda bisa mengaplikasikan busana, dari casual hingga chic. Tapi kami hanya menggaruk di permukaan karena perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini mencakup opsi pemasangan yang luas untuk pengembangan game dan animasi komputer. Bahkan wajah diatur dengan kontrol yang cukup untuk mencapai ekspresi yang layak. Kekayaan fitur ini memungkinkan Anda menghasilkan model 3D yang meyakinkan dengan mudah.

MakeHuman juga merupakan alat yang hebat untuk membuat tautan yang kemudian Anda perbaiki dalam alat pahat 3D seperti ZBrush. Untuk pengguna Blender, MakeHuman menawarkan alat khusus yang memfasilitasi pertukaran antara keduanya. Jelaslah bahwa ini adalah salah satu perangkat lunak pemodelan 3D gratis terbaik dari jenisnya.


5. 3D Slash

3D Slash

3D Slash adalah perangkat lunak pemodelan 3D yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda membuat model dengan menggunakan blok penyusun yang mirip dengan Minecraft.

Slash 3D menggunakan pendekatan unik untuk pemodelan 3D. Anda tidak akan menemukan fitur CAD konvensional seperti ekstrusi, revolusi, atau sapuan. Sebaliknya, semua pemodelan berpusat di sekitar kubus: balok padat yang dapat dibagi menjadi potongan-potongan kecil dengan ukuran yang sama. Pengguna membuat desain mereka dengan mengerjakan kubus dengan berbagai alat yang berakar pada kehidupan nyata: Palu, sekop, pahat, kayu pulp, dan bor. Misalnya, Anda menggunakan alat pahat untuk memindahkan kubus satu per satu, sementara sekop menambahkan kubus. Anda mendapatkan hasil yang lebih detail dengan memperbesar saat menggunakan perangkat yang sama.

3D Slash mudah digunakan, terutama untuk pemula. Dengan sedikit pelatihan, Anda dapat mencapai hasil yang mengesankan (lihat tutorial kami). Anda juga dapat mengimpor dan memodifikasi desain 3D yang ada.

Versi gratisnya cukup terbatas, tetapi dengan harga bulanan $ 2 Anda membuka kunci set fitur lengkap. Pendekatan yang menyenangkan dan praktis akan sangat memuaskan para penghobi yang sesekali ingin membuat desain 3D tanpa harus menguasai pengetahuan misterius perangkat lunak pemodelan 3D konvensional. Kami juga merekomendasikannya kepada pemodel 3D berpengalaman yang ingin menjelajahi karya yang berbeda. Jika Anda seorang pemula dengan aspirasi menjadi profesional, Anda akan lebih baik dengan alat yang memperkenalkan Anda pada dasar-dasar pemodelan konvensional, seperti Fusion 360.

  • Name: 3D Slash
  • Level: Beginner
  • OS: Windows, Mac, Linux, Raspberry Pi or Browser
  • Price: Free, Premium from $2-20 per month
  • Formats: 3dslash, obj, stl
  • Website Resmi: https://www.3dslash.net/

6. Clara.io

Clara.io

Clara.io adalah perangkat lunak pemodelan 3D gratis berbasis browser. Pada pandangan pertama, dibutuhkan pendekatan klasik untuk pemodelan 3D dengan menggunakan poligon. Namun Clara.io melampaui fungsi terbatas yang Anda harapkan dari perangkat lunak pemodelan 3D browser. Misalnya, kualitas rendering sebanding dengan program desktop yang mahal. Ini termasuk V-Ray, memungkinkan Anda untuk menerangi jerat Anda menggunakan gambar HDR dan banyak trik bagus lainnya. Jika Anda ingin membuat film animasi komputer, Clara.io juga mendukung animasi keyframe dasar.

Selain program multi-platform, kelebihan lainnya adalah fitur kolaborasinya. Sama halnya dengan Google Docs, Anda dapat menambahkan pengguna Clara.io lainnya ke scene yang kemudian dapat mengubah file. Setiap perubahan yang dibuat secara otomatis disinkronkan dan diversi antar akun.

Versi gratis Clara.io memberi Anda 2 GB penyimpanan awan. Opsi komersial mencakup lebih banyak penyimpanan, pemandangan publik tidak terbatas, dan - tergantung pada tingkatannya - beberapa jam rendering pribadi. Jika Anda mencari perangkat lunak pemodelan 3D berbasis browser, cobalah yang ini.

  • Name: Clara.io
  • Level: Beginner
  • OS: Browser
  • Price: Free, Premium from $10-100 per month
  • Formats: 3dm, 3ds, cd, dae, dgn, dwg, emf, fbx, gf, gdf, gts, igs, kmz, lwo, rws, obj, off, ply, pm, sat, scn, skp, slc, sldprt, stp, stl, x3dv, xaml, vda, vrml, x_t, x, xgl, zpr
  • Website Resmi: https://clara.io/

7. Moment of Inspiration (MoI)

Moment of Inspiration

MoI (singkatan dari "Moment of Inspiration") adalah perangkat lunak pemodelan 3D yang ditujukan untuk seniman dan desainer. Pengembang membuat program yang menawarkan fungsionalitas penuh dari perangkat lunak 3D CAD tetapi menghilangkan kerumitan teknis yang menyertainya. Alih-alih, aspek matematika diproses di bawah tenda, sehingga pengguna memiliki kebebasan untuk fokus pada desain 3D mereka.

Sementara perangkat lunak CAD 3D konvensional cenderung cukup membebani klik kanan, Departemen Perindustrian menggunakan antarmuka pengguna yang sederhana. Ini kompatibel dengan tablet pena; Bahkan, software pemodelan 3D ini dapat dioperasikan tanpa menggunakan keyboard sama sekali.

Di sisi kanan, Anda dapat memilih antara menggambar garis atau padatan. Desain 3D dapat dikerjakan dengan alat penting seperti ekstrusi, fillet, offset loft, dan lainnya. Transformasi akan memberi Anda fitur seperti rotate, scale, array, align, atau deform. Untuk pekerjaan presisi, Anda dapat melihat pengukuran yang tepat tepat saat Anda mengubahnya. Selain itu, Departemen Perindustrian menawarkan bahasa scripting yang banyak digunakan oleh komunitas Departemen Perindustrian.

Pengembang bangga dengan kurva pembelajaran yang dangkal dari produk mereka. Hal ini memungkinkan seniman tanpa latar belakang dalam pemodelan 3D atau CAD dengan cepat membuat jaring mekanis atau organik untuk pencetakan 3D.

Jika Anda memerlukan alat yang menekankan proses kreatif daripada tipu muslihat teknis, Departemen Perindustrian adalah perangkat lunak pemodelan 3D terbaik untuk Anda. Untuk alat NURBS yang lebih teknis, kami menyarankan Rhino3D.

  • Name: Moment of Inspiration (MoI)
  • Level: Beginner
  • OS: Windows and Mac
  • Price: Free, $295 full licence
  • Formats: 3ds, 3dm, dxf, fbx, igs, lwo, obj, skp, stl, stp and sat
  • Website Resmi: http://moi3d.com/
 

8. SelfCAD

SelfCAD

SelfCAD mengemas alur kerja desain-untuk-cetak lengkap dalam satu bundel yang disajikan dengan rapi. Pada intinya, SelfCAD menampilkan aplikasi pemodelan 3D yang memungkinkan desain objek yang kompleks dan dapat dicetak 3D.

GUI yang intuitif dan kesederhanaan tingkat Tinkercad dalam cara alat bekerja dan memanipulasi desain Anda berarti bahwa bahkan para pemula pun dapat terjun dan mulai berkreasi. Dan, Anda juga dapat memuat dalam gambar 2D untuk dijadikan template untuk pekerjaan Anda, jadi referensi selalu tersedia.

Tapi mungkin kemahiran yang menentukan SelfCAD sebagai perangkat lunak pemodelan 3D gratis adalah kemampuannya untuk memperbaiki dan menyiapkan model untuk pencetakan 3D, bahkan mengambil pekerjaan sejauh memotong dan menyalurkan kode G langsung ke komputer Anda. Sejumlah printer tersedia dari menu drop-down, tetapi Anda dapat memasukkan spesifikasi untuk yang tidak disertakan.

Semua ini dari browser web mana pun yang membawa Anda ke situs web SelfCAD. Tidak terlalu buruk.

  • Name: SelfCAD
  • Level: Beginner
  • OS: Browser
  • Price: Free 10-day trial, $14.99 per month
  • Formats: stl, obj, mtl, ply, png, dae, svg
  • Website Resmi: https://www.selfcad.com/

9. Tinkercad

Tinkercad

Jangan tertipu oleh penampilannya: Tinkercad bukanlah alat pemodelan 3D untuk taman kanak-kanak. Tinkercad memungkinkan Anda menggabungkan bentuk primitif seperti yang dilakukan balita. Menggunakan operasi pemodelan dasar, Tinkercad akan memungkinkan Anda untuk bergabung, mengurangi, atau mengubah primitif untuk membangun objek yang kompleks. Tetapi ada lebih banyak lagi dari Tinkercad - fungsinya meluas hingga menggabungkan dan mengurangi bentuk.

Setelah menguasai teknik dasar ini, bahkan pemula dalam perangkat lunak pemodelan 3D gratis dapat menghasilkan hasil yang mengesankan - lihat saja apa yang telah dibangun oleh komunitas. Jika Anda mencari alat untuk membuat kaki Anda basah, Anda akan menyukai pendekatan intuitif Tinkercad untuk konsep dan alat umum dalam perangkat lunak pemodelan 3D.

  • Name: Tinkercad
  • Level: Beginner
  • OS: Browser
  • Price: Free
  • Formats: 123dx, 3ds, c4d, mb, obj, svg, stl
  • Website Resmi: https://www.tinkercad.com/

10. DesignSpark Mechanical

DesignSpark Mechanical

Dirancang untuk pemodel dengan anggaran terbatas, DesignSpark Mechanical adalah perangkat lunak pemodelan 3D gratis yang menampilkan banyak alat pemodelan CAD umum. Dalam hal fungsionalitas, program ini mengacu pada pendekatan konvensional perangkat lunak pemodelan 3D. Juga, antarmuka pengguna sangat mirip dengan AutoCAD. Jadi, jika Anda mencari perangkat lunak pemodelan 3D gratis alternatif, ada baiknya Anda melihat lebih dekat.

Meskipun fitur inti dari perangkat lunak pemodelan 3D ini gratis, penerbit mengenakan biaya untuk fungsionalitas tambahan seperti opsi impor / ekspor yang diperpanjang dan rendering. Seperti beberapa program lain, DesignSpark Mechanical memanfaatkan layanan online jika Anda memerlukan ekstensi.

  • Name: DesignSpark Mechanical
  • Level: Intermediate
  • OS: Windows
  • Price: Free, $835 (w. all add-ons)
  • Formats: rsdoc, dxf, ecad, idf, idb, emn, obj, skp, STL, iges, step
  • Website Resmi: https://www.rs-online.com/

11. FreeCAD

FreeCAD

FreeCAD adalah perangkat lunak pemodelan 3D gratis parametrik. Itu dibuat terutama untuk desain 3D objek kehidupan nyata dari berbagai ukuran. Pemodelan parametrik memungkinkan Anda memodifikasi desain 3D dengan mudah dengan kembali ke riwayat model dan mengubah parameternya.

FreeCAD adalah open-source dan sangat dapat disesuaikan, skrip, dan dapat diperluas. Dibangun sampai batas tertentu pada Python, Anda dapat memanfaatkan bahasa pemrograman itu untuk mengimplementasikan fitur-fitur baru ke dalam perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini.

Menjadi sumber terbuka, kumpulan fitur FreeCAD berorientasi pada komunitas CAD. Jadi bersiaplah bahwa programnya bisa sedikit berlebihan dan rumit pada awalnya. Tetapi jika Anda menggali lebih dalam perangkat lunak pemodelan 3D gratis, Anda akan dihadiahi dengan serangkaian fitur yang luar biasa.

Perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini menawarkan arsitektur modular yang memungkinkan plugin dipasang ke aplikasi inti. Ia juga menawarkan Sketcher dengan pemecah kendala, memungkinkan Anda membuat sketsa bentuk 2D; simulasi robot untuk mempelajari gerakan robot, dan modul jalur yang didedikasikan untuk pemesinan mekanis seperti milling (CAM). Itu juga dapat menghasilkan, menampilkan dan menyesuaikan G-code untuk pencetakan 3D.

  • Name: FreeCAD
  • Level: Intermediate
  • OS: Windows, Mac, Linux
  • Price: Free
  • Formats: step, iges, obj, stl, dxf, svg, dae, ifc, off, nastran, Fcstd
  • Website Resmi: http://www.freecadweb.org/
 

12. LibreCAD

LibreCAD

LibreCAD is an open-source free 3D modeling software. It contains basic tools you will need to model and modify your designs. Since LibreCAD displays only 2D views, it has a slim file size of 30 MB. But not to worry, it can display isometric views. Though the free 3D modeling software satisfies common drawing needs, the functionality will not overwhelm you, unlike other free CAD software.

LibreCAD’s UI is uncluttered, and overall the free 3D modeling software is more suitable for beginners. Once you have mastered the program, you may want to work faster by taking full advantage of the command line at the bottom of the screen to streamline your workflow.

  • Name: LibreCAD
  • Level: Intermediate
  • OS: Windows, Mac, Linux
  • Price: Free
  • Formats: dxf, dwg
  • Website Resmi: https://librecad.org/

13. Meshmixer

Meshmixer

Meshmixer adalah “Pisau Tentara Swiss” yang dideskripsikan sendiri untuk pemodelan 3D. Ini memiliki penekanan yang jelas pada fungsionalitas mekanis desain 3D.

Meshmixer dirancang untuk menyiapkan jaring untuk pencetakan 3D dengan cara yang nyaman. Misalnya, Anda dapat menggunakan Meshmixer untuk membuat model protesa padat dengan komponen mekanis dan pemindaian 3D dapat menjadi dasar untuk perangkat yang disesuaikan secara khusus. 

Selain itu, perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini menyediakan beberapa teknik pengoptimalan yang biasanya ditemukan dalam program kelas industri yang mahal. Anda dapat mengurangi massa yang tidak diinginkan dari desain 3D dan dengan demikian mengurangi waktu pencetakan secara signifikan. Ini juga memungkinkan Anda untuk secara otomatis menghasilkan sambungan yang menghubungkan bagian-bagian berbeda ke dalam satu perangkat tunggal.

Selain itu, perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini memiliki kemampuan perbaikan seperti pelubangan, penskalaan, dan penyederhanaan mesh - membuatnya sangat berharga untuk pencetakan 3D.

Meshmixer bukanlah alat pemula, tetapi jika Anda mencari salah satu alat perangkat lunak pemodelan 3D gratis menengah terbaik yang dengan mulus menyatu dengan keluarga produk Autodesk, tidak perlu mencari lagi.

  • Name: Meshmixer
  • Level: Intermediate
  • OS: Windows, Mac
  • Price: Free
  • Formats: amf, mix, obj, off, stl
  • Website Resmi: http://meshmixer.com/

14. NanoCAD

NanoCAD

Dalam versi dasarnya, NanoCAD gratis. Antarmuka penggunanya mengambil isyarat dari Autodesk's AutoCAD. Jadi, beralih dari satu perangkat lunak pemodelan 3D ke perangkat lunak lainnya tidak akan menjadi masalah.

NanoCAD mendukung pemodelan parametrik, yang berarti Anda dapat mengunjungi kembali desain lama, dan menyesuaikannya dengan kebutuhan baru tanpa terlalu banyak keributan. Cukup ubah dimensi desain dan jumlah komponen, dan Anda akan mendapatkan desain unik yang sangat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini dapat mengotomatiskan banyak tugas rutin yang hebat. Program ini rapi, membuatnya dapat didekati bahkan untuk penghobi dan pemula dan pengguna profesional memiliki serangkaian fitur kaya yang mereka miliki.

Selain itu, Anda dapat memperluas fungsionalitas perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini dengan berbagai plugin. Jika proyek Anda lebih menuntut, Anda harus melihat versi Plus atau Pro dari NanoCAD. Secara umum, versi ini menambahkan banyak fitur yang Anda harapkan dari perangkat lunak pemodelan 3D tingkat profesional seperti AutoCAD. Khususnya, toolbox bahkan menyertakan pemodelan solid.

  • Name: NanoCAD
  • Level: Intermediate
  • OS: Windows
  • Price: Free
  • Formats: sat, step, igs, iges, sldprt, STL, 3dm, dae, dfx, dwg, dwt, pdf, x_t, x_b, xxm_txt, ssm_bin
  • Website Resmi: http://nanocad.com/

15. OpenSCAD

OpenSCAD

Pendekatan lain untuk perangkat lunak pemodelan 3D adalah OpenSCAD, aplikasi perangkat lunak gratis untuk membuat objek CAD padat. Ini bukan pemodel interaktif, melainkan kompiler 3D berdasarkan bahasa deskripsi tekstual.

Dokumen OpenSCAD menentukan geometris primitif dan mendefinisikan bagaimana mereka dimodifikasi dan dimanipulasi untuk membuat model 3D. Ini memungkinkan Anda membuat desain 3D, yang ditentukan oleh parameter yang dapat dikonfigurasi atau menggunakan kembali kode untuk proyek lain. OpenSCAD berpusat di sekitar geometri padat konstruktif (CSG) dan ekstrusi garis 2D.

Harus diakui, OpenSCAD bukan untuk semua orang. Ini mungkin merupakan perangkat lunak pemodelan 3D gratis terbaik untuk penggemar pemodelan hard-hard yang senang melihat kode mereka menjadi hidup di printer 3D.

  • Name: OpenSCAD
  • Level: Intermediate
  • OS: Windows, Mac, Linux
  • Price: Free
  • Formats: dxf, off, stl
  • Website Resmi: https://www.openscad.org/

16. Sculptris

Sculptris

Sculptris adalah perangkat lunak pemodelan 3D gratis dari pengembang yang sama dengan ZBrush. Ini memiliki fitur yang mirip - meskipun lebih sedikit daripada ZBrush. Bahkan para pemula pun dapat memahami teknik dasar Sculptris dengan cepat dan menghasilkan model yang dapat dicetak.

Seperti pada alat pahat yang lebih canggih, konsep inti dari perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini adalah Anda tidak mencoba membuat mesh resolusi tinggi sejak awal. Sebaliknya, Anda mulai membangun struktur dan tingkat detail yang lebih kompleks, selangkah demi selangkah. Dalam praktiknya, Anda akan mulai dengan struktur primitif yang Anda cetak ke dalam desain 3D dari awal atau memuat template (tubuh manusia umum, misalnya) sebagai basis. Landasannya selalu untuk mendefinisikan siluet (lengan, kepala, anggota badan) dalam kuas yang sangat luas. Dari sana Anda dapat beralih ke kuas yang lebih kecil dan memahat detail besar, otot yang menonjol, jari, dan sejenisnya. Hanya dengan begitu Anda dapat menambahkan detail rumit seperti kerutan atau bekas luka menggunakan kuas yang lebih halus.

Jika Anda ingin membuat kaki Anda basah dalam pemahatan 3D, Sculptris adalah salah satu opsi perangkat lunak pemodelan 3D gratis terbaik. Untuk proyek pemahat yang lebih ambisius, lihat ZBrush atau Mudbox.

 

17. Cinema 4D

Cinema 4D

Jika Anda mencari kemudahan penggunaan, Cinema 4D mungkin program yang tepat untuk Anda karena terkenal intuitif.

Didukung oleh OpenGL, viewport real-time dari perangkat lunak pemodelan 3D ini mengesankan dengan pantulan kedalaman bidang dan ruang layar, yang membuatnya lebih mudah untuk mengontrol efek ini secara efisien. Karena tampilan ini terlihat sangat bagus, Cinema 4D memungkinkan Anda mengekspor render pratinjau sehingga Anda dapat mengirimkannya ke klien untuk persetujuan. Untuk meningkatkan kecepatan rendering secara keseluruhan, Cinema 4D dilengkapi alat LOD yang menyederhanakan objek berdasarkan jaraknya ke kamera dan faktor lainnya.

Rilis terbaru dari perangkat lunak pemodelan 3D ini meningkatkan alur kerja pengecatan berat secara signifikan dengan menambahkan kemungkinan untuk mencerminkan pekerjaan dari satu sisi karakter ke sisi lainnya. Selain itu, semakin mudah untuk mengintegrasikan rekaman langsung secara mulus dengan objek animasi 3D. Sebuah fitur yang disebut Rekonstruksi Pemandangan menciptakan awan titik berwarna dan geometri berdasarkan fitur terlacak yang memungkinkan Anda menggabungkan kedua komponen secara tepat.

  • Name: Cinema 4D
  • Level: Professional
  • OS: Windows, Mac
  • Price: $94.99 per month
  • Formats: 3ds, dae, dem, dxf, dwg, x, fbx, iges, lwf, rib, skp, stl, wrl, obj
  • Website Resmi: https://www.maxon.net/

18. Modo

Modo

Modo dikembangkan dengan memperhatikan para profesional di VFX dan industri desain. Dibandingkan dengan beberapa perangkat lunak pemodelan 3D lainnya, Modo relatif mudah dipelajari. Nilai jual utamanya adalah pemodelan permukaan poligon dan subdivisi, mesin partikel, dan animasi prosedural.

Salah satu alat yang terkadang diremehkan namun mendapat banyak perhatian dari para pengembang adalah fitur pemilihan. Komponen dapat dipilih cat, lingkaran dipilih, pola dipilih, laso dipilih ... daftarnya terus berlanjut. Intinya adalah untuk setiap situasi ada mode pemilihan yang sesuai dalam perangkat lunak animasi 3D ini yang memungkinkan Anda membuat perubahan global pada model Anda. Rekam makro dari operasi berulang dan terapkan ke objek saat diperlukan untuk mempercepat pemodelan Anda.

Mirip dengan perangkat lunak pemodelan 3D lainnya, Modo menyertakan alat pahat 3D yang memperluas jangkauan ekspresi artistik Anda dengan bentuk alami yang dibuat semudah membentuk tanah liat dengan tangan Anda.

  • Name: Modo
  • Level: Professionals
  • OS: Windows, Mac, Linux
  • Price: $1,799, or $599 per year
  • Formats: lwo, abc, obj, pdb, 3dm, dae, fbx, dxf, x3d, geo, stl
  • Website Resmi: https://www.foundry.com/
 

19. Mudbox

Mudbox

Alat pahat profesional pertama dalam daftar kami, Autodesk’s Mudbox, adalah pesaing langsung ZBrush. Seperti ZBrush, Mudbox menggunakan metafora pahatan tanah liat untuk pemodelan 3D.

Konsep intinya disebut "detail progresif". Itu berarti Anda tidak mencoba membuat mesh resolusi tinggi sejak awal. Sebaliknya, Anda membangun detail Anda selangkah demi selangkah. Pertama, Anda akan memuat template dasar (misalnya, tubuh manusia generik). Selanjutnya, Anda menentukan siluet (lengan, kepala, tungkai) dengan sikat lebar. Dari sana, Anda dapat beralih ke kuas yang lebih kecil dan detail pahatan, otot yang diucapkan, jari, dan sejenisnya. Hanya dengan demikian Anda dapat meningkatkan level subdivisi dan secara progresif menambahkan detail rumit seperti kerutan atau bekas luka menggunakan kuas yang lebih halus.

Meskipun ZBrush dan Mudbox memiliki konsep yang sama, mereka menerapkannya sedikit berbeda. Dengan banyak kritik yang menyebut Mudbox lebih ramah pengguna karena dibangun di atas pengalaman pengguna yang mapan dari produk Autodesk. Di sisi lain, tidak ada keraguan bahwa ZBrush mengalahkan Mudbox dengan beragam alat dan kuas.

Kelemahan utama Mudbox adalah ketergantungannya pada perangkat lunak pemodelan 3D konvensional (Maya atau 3ds Max) untuk membuat dan memanipulasi geometri dasar, sedangkan ZBrush menawarkan solusi satu atap. Jadi sebagian besar masalah alur kerja Anda sendiri jika Anda menganggap Mudbox lebih unggul dari ZBrush.

Mudbox menarik bagi siapa saja yang ingin mengintegrasikan alat pahat mereka dengan rangkaian perangkat lunak pemodelan 3D lain dari keluarga Autodesk.


20. Onshape

Onshape

Onshape adalah rangkaian perangkat lunak CAD 3D tingkat perusahaan yang perkasa. Ini ditujukan untuk pengguna profesional yang menginginkan kontrol versi dan bekerja dalam tim. Onshape dikirimkan melalui cloud sebagai Software as a Service. Ini berfungsi di sebagian besar sistem dan sistem operasi, bahkan di ponsel iOS dan Android.

Selain menawarkan fitur yang luas dan tool stack, fitur yang paling menarik adalah fitur timnya. Tidak seperti CAD dan PDM yang diinstal, Onshape memberi semua orang di tim akses instan ke sistem CAD dan data CAD yang sama di cloud.

Ini juga memungkinkan Anda menentukan desain master tanpa perlu menyimpan salinan atau melacak berbagai versi file yang berbeda.

  • Name: Onshape
  • Level: Professional
  • OS: Windows, Mac, Linux, iOS, Android
  • Price: $1,500 per year
  • Formats: sat, step, igs, iges, sldprt, stl, 3dm, dae, dfx, dwg, dwt, pdf, x_t, x_b, xxm_txt, ssm_bin
  • Website Resmi: https://www.onshape.com/

21. Poser

Poser

Poser adalah alat pembuat karakter lain dalam daftar perangkat lunak pemodelan 3D ini dan alat ini memiliki beberapa kartu As.

Tidak seperti program pemodelan 3D tradisional, Anda membuat model 3D dari manusia dan hewan dengan cepat dan intuitif dengan memanipulasi "figur dasar" - file 3D humanoid tanpa gender dan tanpa gender. Anda menyempurnakan karakter yang khas dan meyakinkan dengan menggeser bilah yang mengontrol fitur wajah, batang tubuh, lengan, dll. Penyesuaian meluas ke detail terkecil tubuh manusia, dan, dengan latihan yang cukup, Anda dapat membuat 3D fotorealistik model.

Anda tidak hanya dapat mendandani karakter Poser Anda, tetapi Anda bahkan dapat menempatkan objek dari perpustakaan karakter, hewan, dan properti yang telah dibuat sebelumnya. Dengan cara ini, mudah untuk melengkapi dan mengatur seluruh adegan. Namun di luar itu, perangkat lunak pemodelan 3D ini memiliki beberapa kemampuan rendering yang layak yang mencakup bahan kaustik dan volumetrik - sehingga dengan membeli Poser, Anda tidak bergantung pada program lain. Mengekspor pekerjaan Anda ke 3ds Max atau beberapa perangkat lunak pemodelan 3D tujuan umum lainnya adalah opsional.

Seperti di MakeHuman, karakternya sudah dicurangi dan siap untuk animasi di film dan game. Namun, Poser versi Pro bahkan memungkinkan Anda merekam data penangkapan gerakan menggunakan Pemindai 3D.

Poser menawarkan keunggulan ekstra atas MakeHuman dengan integrasi mesin fisika, yang memberikan realisme yang lebih besar pada pekerjaan Anda.


22. Rhino3D

Rhino3D

Rhino3D adalah perangkat lunak pemodelan 3D yang digunakan dalam proses desain berbantuan komputer (CAD), manufaktur berbantuan komputer (CAM), pembuatan prototipe cepat, manufaktur aditif, dan rekayasa balik di berbagai industri, serta untuk tujuan desain multimedia dan grafis. .

Geometri perangkat lunak pemodelan 3D ini didasarkan pada model matematika NURBS, yang berfokus pada menghasilkan representasi kurva dan permukaan bentuk bebas yang tepat secara matematis dalam grafik komputer (sebagai lawan dari aplikasi berbasis jaring poligon).

Anda akan mengenali banyak alat dari Departemen Perindustrian, yang didasarkan pada prinsip yang sama dengan Rhino3D. Namun, selama proses desain 3D, Anda akan sering memasukkan angka untuk menempatkan dan membentuk model dengan tepat. Di satu sisi, hal ini menjadikan Rhino3D alat yang sempurna untuk desain mekanis; di sisi lain, ini juga memperlambat alur kerja.

Selain itu, beberapa layanan pencetakan online menawarkan plugin yang memfasilitasi persiapan yang diperlukan untuk pencetakan dan dapat diunggah langsung dari perangkat lunak pemodelan 3D.

Jika hati Anda tertuju pada pemodelan NURBS, Rhino3D mungkin adalah perangkat lunak pemodelan 3D terbaik untuk Anda. Jika Anda lebih suka pendekatan yang lebih intuitif, coba MoI.

  • Name: Rhino3D
  • Level: Professional
  • OS: Windows, Mac
  • Price: $995
  • Formats: 3dm, 3ds, cd, dae, dgn, dwg, emf, fbx, gf, gdf, gts, igs, kmz, lwo, rws, obj, off, ply, pm, sat, scn, skp, slc, sldprt, stp, stl, x3dv, xaml, vda, vrml, x_t, x, xgl, zpr
  • Website Resmi: https://www.rhino3d.com/

23. ZBrush

ZBrush

ZBrush adalah cara baru dalam proses pemodelan dengan membawa patung tanah liat virtual ke dalam perangkat lunak pemodelan 3D.

Konsep sentralnya disebut "detail progresif". Alih-alih membuat mesh resolusi tinggi sejak awal, Anda membangun tingkat detail langkah demi langkah. Mulailah dengan yang primitif, lalu cetak desain 3D Anda dari awal. Anda juga dapat memuat template (seperti tubuh manusia umum, misalnya) sebagai basis.

Pertama, Anda menentukan siluet (lengan, kepala, tungkai) dengan alat kuas yang luas. Dari sana, Anda beralih ke kuas yang lebih kecil dan memahat detail besar, otot yang diucapkan, jari, dan sejenisnya. Hanya dengan begitu Anda dapat menambahkan detail rumit seperti kerutan atau bekas luka menggunakan kuas yang lebih halus.

Meskipun gagasan memahat dalam ruang 3D mungkin terdengar menarik bagi pemula, ZBrush sama sekali bukan perangkat lunak pemodelan 3D yang dapat Anda kuasai secara intuitif. Ini memiliki kurva belajar yang curam dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk menguasainya. Meskipun ZBrush dan kompetitornya, Mudbox, keduanya didasarkan pada konsep yang sama, mereka menerapkannya sedikit berbeda. Dengan banyak kritikus menyebut Mudbox agak lebih ramah untuk pemula dalam memahat 3D.

Di sisi lain, tidak ada keraguan bahwa ZBrush mengalahkan Mudbox dalam beragam alat dan kuasnya. Namun, kelemahan utama Mudbox adalah ketergantungannya pada Maya atau 3ds Max untuk membuat geometri dasar, sedangkan ZBrush sepenuhnya mandiri dalam hal ini. Anda dapat memblokir siluet Anda dengan sangat cepat di ZBrush. Selain itu, ini memungkinkan Anda membuat geometri tambahan dengan mudah dan intuitif. Apakah Anda menganggap Mudbox lebih unggul dari ZBrush, pada akhirnya adalah masalah alur kerja Anda.

Mereka yang tidak yakin apakah investasinya sepadan bisa mendapatkan kaki mereka basah dengan Sculptris, program gratis dari pengembang yang sama, yang memiliki fitur serupa meskipun lebih sedikit daripada ZBrush.

  • Name: ZBrush
  • Level: Professional
  • OS: Windows, Mac
  • Price: $39.95 per month, or $895 one-time
  • Formats: dxf, goz, ma, obj, stl, vrml, x3d
  • Website Resmi: http://pixologic.com/

24. AutoCAD

AutoCAD

Menjadi standar emas sektor perangkat lunak pemodelan 3D, AutoCAD adalah aplikasi perangkat lunak komersial untuk desain dan perancangan bantuan komputer 2D dan 3D. Telah tersedia sejak 1982 sebagai aplikasi desktop dan sejak 2010 sebagai aplikasi berbasis seluler, web dan cloud yang dipasarkan sebagai AutoCAD 360. Ia juga memegang pangsa pasar terbesar di sektor perangkat lunak pemodelan 3D.

Beragam fitur AutoCAD menjadikannya alat serbaguna yang digunakan di berbagai industri. Set alat khusus membantu Anda mengotomatiskan desain, dan bahkan membuat perpustakaan seluruh bagian.

Untuk membuka potensi penuhnya akan membutuhkan pelatihan ekstensif, tetapi Autodesk menyediakan tutorial yang sangat baik untuk Anda.

 

25. CATIA

CATIA

CATIA adalah singkatan dari Computer-Aided Three-Dimensional Interactive Application. Aplikasi multi-platform memakai tiga topi; pertama, sebagai perangkat lunak CAD 3D, kedua sebagai perangkat lunak computer-aided manufacturing (CAM), dan ketiga sebagai perangkat lunak computer-aided engineering (CAE). Perangkat lunak pemodelan 3D dikembangkan oleh perusahaan Prancis Dassault Systèmes. Ini banyak digunakan di bidang-bidang seperti desain industri dan teknik mesin, khususnya otomotif, pembuatan kapal, peralatan industri, dan arsitektur.

Mirip dengan kompetitornya Autodesk Inventor, CATIA tidak hanya membutuhkan pelatihan ekstensif untuk memaksimalkannya, tetapi juga pengetahuan tingkat lanjut di bidang teknik. Namun, ini adalah alat teknik yang sangat canggih dan salah satu perangkat lunak pemodelan 3D terbaik di pasaran.


26. Fusion 360

Fusion 360

Autodesk Fusion 360 adalah alat perangkat lunak 3D CAD / CAM. Ini menawarkan kemampuan profesional tetapi lebih ramah pengguna daripada kebanyakan perangkat lunak pemodelan 3D solid-body profesional.

Program ini mencakup seluruh proses perencanaan, pengujian, dan pelaksanaan desain 3D. Ini menawarkan alat parametrik yang kuat dan alat mesh analitik yang sangat sesuai untuk sebagian besar tantangan dalam desain industri. Selain itu, Fusion 360 dapat mensimulasikan konstruksi komponen yang dirancang serta tekanan yang akan mereka hadapi setelah digunakan. Fusion 360 juga menonjol karena fitur kolaboratifnya. Ini mendukung berbagi file berbasis cloud, kontrol versi dan impor / ekspor jenis file CAD umum.

Meskipun salah satu alat perangkat lunak pemodelan 3D terbaik untuk spesialis desain dan teknik 3D, kurva pembelajaran Fusion 360 cukup curam.

 

27. Inventor

Inventor

Autodesk Inventor memungkinkan Anda membuat prototipe padat mekanis digital. Ini digunakan dalam desain mekanik 3D, komunikasi desain, pembuatan perkakas, dan simulasi produk. Ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan model 3D yang akurat untuk membantu dalam merancang, memvisualisasikan, dan mensimulasikan produk sebelum dibuat.

Seperti kompetitornya Solidworks dan CATIA, Inventor adalah perangkat lunak pemodelan 3D yang sangat canggih yang membutuhkan pengetahuan tingkat lanjut di bidang teknik untuk mendapatkan hasil maksimal darinya.

Autodesk Inventor adalah salah satu perangkat lunak pemodelan 3D terbaik untuk sektor industri. Jika Anda ingin mengembangkan mesin fungsional, ini adalah senjata pilihan yang tepat.


28. Solidworks

SolidWorks 

SolidWorks adalah perangkat lunak pemodelan 3D solid-aided design (CAD) dan computer-aided engineering (CAE) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Dassault Systèmes.

Berbeda dengan CATIA, Solidworks dirancang dengan cakupan industri yang lebih luas: Solidworks digunakan dalam desain industri dan konteks teknik mesin; khususnya di bidang kedirgantaraan, otomotif, galangan kapal, peralatan industri, arsitektur serta bidang medis dan energi.

Seperti pesaingnya Autodesk Inventor, perangkat lunak CAD 3D ini memiliki tempat di antara perangkat lunak pemodelan 3D industri terbaik.

  • Name: Solidworks
  • Level: Industrial
  • OS: Windows
  • Price: $1,295 per year
  • Formats: 3dxml, 3dm, 3ds, 3mf, amf, dwg, dxf, idf, ifc, obj, pdf, sldprt, stp, stl, vrml
  • Website Resmi: https://www.solidworks.com/

29. Siemens NX

Siemens NX

Software Siemens NX adalah paket dengan fitur yang dimaksudkan untuk memenuhi banyak kebutuhan antara lain di bidang otomotif dan manufaktur dirgantara. Tentu saja, ini mendukung berbagai bentuk pemodelan 3D seperti pemodelan padat dan permukaan serta pemodelan parametrik dan langsung.

Paket perangkat lunak ini mencakup hampir seluruh proses produksi mulai dari desain hingga manufaktur. Dengan alat desain 2D dan 3D terbaiknya, desainer dapat membuat suku cadang dan mengontrol produksi semua dalam paket perangkat lunak yang sama. Ada modul dalam perangkat lunak NX untuk memeriksa kesesuaian rakitan ruang angkasa yang kompleks (Syncrofit) dan bahkan trim kursi teknik (Mastertrim).



Itulah beberapa software modeling 3D terbaik yang bisa kami bahas dalam artikel ini. Jika anda memiliki saran software modeling yang lebih handal lainnya. Silahkan tuliskan dikolom komentar ya guys!

Jadi yang mana nih software terbaik pilihan kamu? Kalau mimin setia memakai Blender 3D guys, selain gratis terdapat banyak fitur untuk mendukung pembuatan desain 3D rumah ku.

Akhir kata, semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari refresnsi software desain 3D. Apabila ada kesalahan kata atau informasi yang kurang akurat saya memohon maaf atas hal tersebut.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4